Analisis Kontrastif Fonologi Bahasa Mandarin serta Teknik Penerapannya Pada Kelas Percakapan

Aprilia Ruby Wikarti, . and Elizabeth Renata, . and Silvia Morina, . Analisis Kontrastif Fonologi Bahasa Mandarin serta Teknik Penerapannya Pada Kelas Percakapan. FAKULTAS BAHASA DAN SENI. (Unpublished)

[img] Text
Aprilia Ruby Wikarti Elizabeth Renata Silvia Morina 2016. PENELITIAN BELUM PUBLIKASI Analisis Kontrastif Fonologi Bahasa Mandarin serta Teknik Penerapannya Pada.pdf

Download (9kB)

Abstract

Dewasa ini pembelajaran bahasa Mandarin di seluruh dunia sebagai bahasa asing ataupun bahasa kedua semakin berkembang, tidak terkecuali di Indonesia. Seperti pembelajaran bahasa asing lainnya, bahasa Mandarin juga memiliki beberapa bidang pengetahuan bahasa yang harus dikuasai, seperti fonologi, kosakata, tata bahasa, lintas budaya. Mempelajari sebuah bahasa tentu harus menguasai sistem bunyi terlebih dahulu. Pada penelitian ini, pengusul penelitian memilih sistem bunyi bahasa Mandarin sebagai fokus penelitian. Hal ini berkaitan dengan faktor-faktor yang diasumsikan dapat menghambat proses pembelajaran sehingga siswa kesulitan menguasai percakapan bahasa Mandarin. Penelitian ini akan menggunakan metode kepustakaan dan metode wawancara. Metode kepustakaan digunakan untuk mencari teori-teori yang sesuai serta mengetahui penelitianpenelitian terdahulu. Sedangkan metode wawancara digunakan untuk mencari dan mencocokkan kesulitan pelafalan bahasa Mandarin yang dapat menghambat proses pembelajaran pada kelas percakapan. Wawancara dilakukan pada 42 orang mahasiswa angkatan 2014 dan 2015 (semester III dan V) Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Alasan pengusul penelitian memilih objek penelitian adalah karena pada semester II, mahasiswa telah mengikuti mata kuliah fonologi sehingga diharapkan mahasiswa telah mendapatkan dasar pengetahuan yang dapat membantu penguasaan pelafalan pada mata kuliah percakapan. Pada mata kuliah percakapan, mahasiswa dituntut untuk dapat memahami dan mempraktikkan lafal bahasa Mandarin secara tepat. Namun pada proses pembelajaran tentu terdapat banyak faktor yang mendukung dan menghambat. Penelitian ini berusaha menemukan faktor-faktor tersebut kemudian mencari solusi yang sesuai untuk membantu kelancaran proses pembelajaran kelas percakapan. Pengusul penelitian berharap hasil penelitian ini dapat membantu pengajar menentukan dan menggunakan teknik pembelajaran yang sesuai sehingga dapat membantu, memfasilitasi kebutuhan, tuntutan, dan tujuan mahasiswa dalam pembelajaran pelafalan. Selain itu juga dapat digunakan sebagai salah satu referensi yang baik bagi peneliti lain untuk mengembangkan lebih lanjut teknik pembelajaran pelafalan sehingga tercapai percakapan bahasa Mandarin yang lebih efektif.

Item Type: Other
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Fonologi, Fonetik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 31 Oct 2019 15:40
Last Modified: 31 Oct 2019 15:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1000

Actions (login required)

View Item View Item