PERMAINAN PUZZLE DALAM MINIATUR RUMAH ADAT BETAWI

DHEA ALIFIYYAH NINGRUM, . (2020) PERMAINAN PUZZLE DALAM MINIATUR RUMAH ADAT BETAWI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (803kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (479kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (468kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penciptaan Karya Seni rupa berupa desain produk bertujuan untuk memberikan alternatif permainan puzzle 3D bertema rumah tradisional Indonesia. Tujuan diciptakannya suatu karya seni ini adalah untuk mengenalkan bangunan tradisional beserta informasi mengenai filosofi rumah tersebut dan mengembangkan motorik bagi anak. Permainan ini untuk usia tujuh tahun keatas dan dapat dimainkan sendiri maupun berkelompok. Puzzle 3D rumah Betawi ini terdiri atas permainan menyusun rangka bangunan pada pola yang ada, buku mewarnai rumah Betawi dan buku saku tentang latar belakang rumah tersebut. Penelitian produk dilakukan di beberapa tempat (TMII, Setu Babakan dan Lembaga Kebudayaan Betawi) dan melakukan wawancara dari berbagai narasumber untuk menemukan informasi secara valid. studi produk dilakukan saat produk selesai dibuat untuk menguji kelayakan produk. Puzzle terdiri dari tiga model rumah adat Betawi yaitu rumah Bapang, rumah Gudang dan rumah Joglo. Selain puzzle 3D produk ini juga membuat buku saku yang berisi tentang detail ragam hias atau corak serta filosofi yang terkandung di rumah Betawi itu sendiri. Uji coba produk dilakukan di SDN Johar Baru 03 Pagi untuk mengetahui kualitas produk tersebut. Kata Kunci: Puzzle 3D, Rumah Betawi, Desain Produk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dra. Mudjiati, M.Pd. ; 2. Drs. Sarnadi Adam, M.Sn
Subjects: Kesenian > Arsitektur dan Dekorasi
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 5356 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2020 14:47
Last Modified: 16 Sep 2020 14:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/10010

Actions (login required)

View Item View Item