Hubungan Antara Lingkungan Keluarga dengan Hasil Belajar Akuntansi (Mengelola Aktiva Tetap) pada Siswa Kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 10 Jakarta

FRAMADHANA AGSYA, . (2012) Hubungan Antara Lingkungan Keluarga dengan Hasil Belajar Akuntansi (Mengelola Aktiva Tetap) pada Siswa Kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 10 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
PDF SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara Lingkungan Keluarga dengan Hasil Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 10 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan dari bulan April sampai dengan bulan Juni 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei melalui pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa jurusan akuntansi di SMK Negeri 10 Jakarta tahun pelajaran 2011-2012. Teknik pengambilan sampel adalah teknik acak proporsional (proportional random sampling) sebanyak 62 sampel. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data variabel X (Lingkungan Keluarga) dan variabel Y (Hasil Belajar Mengelola Aktiva Tetap) diukur menggunakan skala Likert. Teknik analisis data dimulai dengan mencari persamaan regresi sederhana dan diperoleh persamaan regresi Ŷ = 34,713 + 0,372X, sedangkan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors diperoleh Lhitung (0,095) < Ltabel (0,1125), hal ini berarti sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji keberartian koefisien korelasi dan kelinearan regresi dengan menggunakan tabel Analisis Varians (ANAVA) diperoleh Fhitung (71,93) > Ftabel (4,00) yang menyatakan regresi sangat berarti serta uji linearitas regresi yang menghasilkan Fhitung (0,67) < Ftabel (1,98) yang menunjukkan bahwa model regresi yang digunakan adalah linear. Uji hipotesis koefisien korelasi dilakukan dengan rumus Product Moment menghasilkan rxy sebesar 0,74, ini berarti hubungan antara kedua variabel tersebut kuat. Uji signifikasi dengan t hitung sebesar 8,52 dan t tabel sebesar 2,00. Karena thitung > ttabel, dari penelitian di atas maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Lingkungan Keluarga dengan Hasil Belajar Mengelola Aktiva Tetap Siswa Kelas XI Akuntansi di SMK 10 Jakarta. Uji koefisien determinasi menghasilkan KD sebesar 0,5476. Hal ini berarti variasi variabel Y dipengaruhi oleh variabel X sebesar 54,76%. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Lingkungan Keluarga dengan Hasil Belajar Mengelola Aktiva Tetap.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Santi Susanti, S.Pd., M.Ak 2.) Susi Indriani, M.S.Ak
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 01 Nov 2019 09:02
Last Modified: 01 Nov 2019 09:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1010

Actions (login required)

View Item View Item