PENGEMBANGAN MEDIA PANDUAN PELATIHAN REGULASI EMOSI TERHADAP KETERGANTUNGAN EKSTRIM DALAM BERPACARAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

YOVITA VINA PERMATASARI, . (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PANDUAN PELATIHAN REGULASI EMOSI TERHADAP KETERGANTUNGAN EKSTRIM DALAM BERPACARAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (527kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (523kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Panduan pelatihan regulasi emosi terhadap ketergantungan ekstrim dalam berpacaran dibuat berdasarkan urgensi yang dilihat dari hasil penyebaran instrumen ketergantungan ekstrim dalam berpacaran yang disebarkan kepada mahasiswa aktif UNJ yang berpacaran dari angkatan 2016-2019, data yang kembali berjumlah 40 responden, dan dari 40 responden tersebut ditemukan bahwa 17,5% (7 orang dari 40 orang responden) mahasiswa UNJ yang berpacaran mengalami ketergantungan ekstrim dengan kategori tinggi, mereka terbiasa melakukan disregulasi emosi, memiliki keterampilan mengembangkan emosi yang rendah, dan terjebak dalam siklus kekerasan emosional. 70% (28 orang dari 40 orang responden) dalam kategori sedang, mereka terkadang melakukan disregulasi emosi, keterampilan mengembangkan emosinya sedang, dan terjebak dalam siklus kekerasan emosional. 12,5% (5 orang dari 40 orang responden) dalam kategori rendah, mereka sesekali melakukan disregulasi emosi, keterampilan mengembangkan emosinya kurang baik, dan terjebak dalam siklus kekerasan emosional. Panduan pelatihan ini dikembangkan di Universitas Negeri Jakarta dengan menggunakan metode Design-Based Research (DBR) yang memiliki tiga tahapan utama, yakni analisis dan eksplorasi, desain dan konstruksi, serta evaluasi dan refleksi. Berdasarkan hasil uji ahli yang dilakukan, media ini sangat layak untuk dikembangkan dengan presentase kelayakan di atas 90%, sehingga sangat layak digunakan untuk membantu konselor universitas menangani isu ketergantungan ekstrim dalam berpacaran. Kata kunci: Ketergantungan Ekstrim pada Pasangan, Regulasi Emosi, Penganiayaan Emosional, Panduan Pelatihan Emotion-Regulation Training Guidance for extreme codependency in a relationship is made according to results of the urgency that was developed by utilised the instrument of extreme codependency in a relationship among class of 2016-2019 on UNJ. Data returned is 40 respondences.The study revealed that 17.5% of the students are categorised as a severe level of codependency in a relationship (7 in 40 respondences), they are usually doing emotion dysregulation, have a poorly emotion development skill, and stuck in emotional abuse cycle. 70% of the students are in moderate category (28 in 40 respondences), they are sometimes doing emotion dysregulation, in moderate category on emotion development skill, and stuck in emotional abuse cycle. 12.5% in mild category (5 in 40 respondences), they are once in a while doing emotion dysregulation, have a mediocore emotion development skill, and stuck in emotional abuse cycle. This Training guidance is developed by utilising Design-Based Research (DBR) that have three main stages: analysis and exploration, design and construction, and evaluation and reflection. According to the results, this media is suitable to be developed as it reaches more 90% qualification. It is very helpful for the university counsellors to resolved the issue of extreme codependency in a relationship. Keywords: Extreme codependency in relationship, emotion-regulation, emotional abused, training guidance

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Susi Fitri, M.Si., Kons. 2). Dra. Meithy Intan Rukia Luawo, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 5705 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2020 12:31
Last Modified: 11 Sep 2020 12:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/10388

Actions (login required)

View Item View Item