PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENGANTAR EKONOMI DAN BISNIS PADA SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 25 JAKARTA

VITTA FAJRINA GHAISANI, . (2018) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENGANTAR EKONOMI DAN BISNIS PADA SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 25 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI VITTA FAJRINA GHAISANI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara lingkungan sekolah dan minat belajar terhadap hasil belajar pengantar ekonomi dan bisnis pada siswa kelas x administrasi perkantoran di SMK Negeri 25 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama empat bulan terhitung dari bulan September 2017 sampai dengan Desember 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 25 Jakarta. Populasi terjangkaunya adalah seluruh siswa kelas X Administrasi Perkantoran yang berjumlah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak proporsional, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan data, wawancara, dan kuesioner. Untuk menjaring data hasil belajar (Y) didapatkan dengan memperoleh data sekunder berupa hasil belajar nilai UAS di semester ganjil, sedangkan lingkungan sekolah (X1) dan minat belajar (X2) didapatkan dengan cara memberikan kuesioner kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri atas uji normalitas dan uji linearitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis yang terdiri atas uji F dan uji t, koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara lingkungan sekolah dengan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung 5,997 > nilai ttabel sebesar 1,67. Minat belajar berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 3,625 > dari nilai ttabel sebesar 1,67. Lingkungan sekolah dan minat belajar secara serentak berpengaruh terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 38,365 > nilai Ftabel 3,17. Persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 24,714 + 0,221 X1 + 0,162 X2. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh R2 sebesar 0,582 yang berarti lingkungan sekolah (X1) dan minat belajar (X2) berpengaruh terhadap hasil belajar (Y) sebesar 58,2%. Implikasi dari hasil penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa, maka siswa harus meningkatkan minat belajarnya dan sekolah harus meningkatkan suasana lingkungan sekolah baik fisik maupun sosialnya. Indikator lingkungan sekolah yang paling rendah adalah indikator interaksi siswa dengan staf sekolah. Sedangkan indikator minat belajar yang paling rendah adalah indikator perhatian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. RR. Ponco Dewi K, MM 2) Osly Usman, SE, M.Bus., Mgt,
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 01 Nov 2019 14:42
Last Modified: 01 Nov 2019 14:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1041

Actions (login required)

View Item View Item