PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF, KONTEKSTUAL, DAN BERPUSAT PADA GURU TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK KELAS 2 SD (Penelitian Ex-Post Facto di SDN Rawa Barat 07,05 dan 08, Kebayoran Baru)

DINI RIZKA KHAERANI, . (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF, KONTEKSTUAL, DAN BERPUSAT PADA GURU TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK KELAS 2 SD (Penelitian Ex-Post Facto di SDN Rawa Barat 07,05 dan 08, Kebayoran Baru). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan Penelitian adalah untuk mendapatkan data empiris mengenai pengaruh pembelajaran aktif terhadap kecerdasa interpersonal anak kelas 2 SD. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling dan simple random sampling sehingga ditemukan sample yaitu SDN Rawa Barat 07. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket yang dianalisis menggunakan Analisis varian (ANAVA) Satu Jalan dan Uji-t. Hasil pengujian hipotesis menggunakan ANAVA bahwa terdapat perbedaan kecerdasan interpersonal anak pada ketiga kelompok pembelajaran aktif, kontekstual, dan berpusat pada guru. Dilanjutkan dengan Uji-t dan menunjukkan bahwa semua H0 ditolak, maka Ha diterima. Implikasi hasil penelitian ini adalah pembelajaran aktif membantu anak untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal dengan menyenangkan dan tanpa disadari oleh anak. Dengan pembelajaran aktif akan menarik anak untuk lebih sering berinteraksi maupun sosialisasi dengan orang lain maupun lingkungan yang baru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ade dwi Utami, M.Pd ; 2). Nurjannah, SP, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 01 Nov 2019 16:08
Last Modified: 01 Nov 2019 16:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1062

Actions (login required)

View Item View Item