EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) DI KOTA PEKANBARU

Zulfa Hendri, . (2020) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) DI KOTA PEKANBARU. Magister thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran sejarah pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 dan MAN 4 Kota Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode penelitian campuran (mixed methodology). Mixed method menghasilkan fakta yang lebih komprehensif dalam menyelesaikan masalah penelitian, karena peneliti memiliki kebebasan untuk menggunakan semua alat pengumpul data sesuai dengan jenis data yang dibutuhkan. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yang dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas. Aktivitas dalam analisis data ini meliputi data reduction, data display, and conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian ini adalah (1) Evaluasi aspek kualitas pembelajaran di antaranya kinerja guru dalam kelas dengan hasil skor rata-rata 4,49 MAN Kota Pekanbaru, dalam penguasaan materi pembelajaran sejarah dengan skor rata-rata 3,43 MAN Kota Pekanbaru, Pemahaman karateristik siswa dengan skor rata-rata 3,79 MAN Kota Pekanbaru, Penguasaan pengelolaan pembelajaran skor rata-rata 4,14 MAN Kota Pekanbaru, Penguasaan strategi pembelajaran dengan skor rata-rata 3,83 MAN Kota Pekanbaru, Penguasaan penilaian hasil pembelajaran dengan skor rata-rata 3,35 MAN Kota Pekanbaru, Hasil Penilaian pembelajaran sejarah dengan skor rata-rata Nilai Rapor 84,33 MAN Kota Pekanbaru, Hasil penilaian oleh pimpinan sekolah dengan skor rata-rata 4,10 MAN Kota Pekanbaru, Fasilitas pembelajaran skor rata-rata 4,35 MAN Kota Pekanbaru, Iklim kelas dengan skor 3,28 MAN Kota Pekanbaru, Sikap belajar siswa dengan skor rata-rata 3,52 MAN Kota Pekanbaru, Motivasi siswa belajar sejarah skor rata-rata 3,61 MAN Kota Pekanbaru. (2) Evaluasi aspek output pembelajaran diantaranya kecakapan personal dengan hasil skor rata-rata 3,88 MAN Kota Pekanbaru, Kecakapan sosial dengan skor rata-rata 3,89 MAN Kota Pekanbaru, kecakapan akademik rata-rata nilai rapor 84,33 MAN Kota Pekanbaru. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa evaluasi program pembelajaran sejarah pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Kota Pekanbaru dengan menggunakan model pembelajaran Evaluasi Kualitas dan Output (EKOP) sangat efektif untuk digunakan evaluasi pembelajarn disekolah.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Kurniawati, M.Si ; 2). Dr. Umasih, M.Hum
Subjects: Ilmu Sejarah > Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 6258 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2020 14:42
Last Modified: 10 Sep 2020 14:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/10626

Actions (login required)

View Item View Item