MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMK NEGERI 12 JAKARTA UTARA

DHEA PUTRI RAHAYU, . (2020) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMK NEGERI 12 JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (26MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini pendidikan karakter semakin mendapatkan prioritas dengan diberlakukannya Peraturan Pemerintah No 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter yang merupakan gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab sekolah untuk memperkuat karakter siswa. Salah satu kegiatan yang terintegrasi ke dalam penanaman pendidikan karakter di sekolah yaitu melalui kegiatan ekstrakurikuler. Adapun ekstrakurikuler yang diteliti antara lain, (1) Rohis yang mewakili olah hati, (2) KIR yang mewakili olah pikir, (3) Tari Tradisional yang mewakili olah rasa serta karsa, dan (4) Volly yang mewakili Olah raga. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mengkaji informasi tentang manajemen pendidikan karakter dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMK Negeri 12 Jakarta Utara yang diharapkan menjadi bahan masukan dan pengembangan bagi sekolah dan juga peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang dikumpulkan dari responden melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teori dan waktu. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil temuan penelitian meliputi: (1) Perencanaan program pendidikan karakter dalam kegiatan ekstrakuruikuler di SMK Negeri 12 Jakarta Utara, telah direncanakan secara sistematis dan terprogram mengenai karakter utama yang ingin dibangun pada masing-masing esktrakurikuler yang dilandasi oleh visi dan misi sekolah; (2) Pelaksanaan program pendidikan karakter dalam kegiatan ekstrakuruikuler di SMK Negeri 12 Jakarta Utara, dilaksanakan dengan cara menerapkan pembiasaan melalui kegiatan-kegiatan yang dapat menumbuhkan minat dan bakat peserta didik, memberikan keteladanan, dan menciptakan lingkungan yang baik. Kata Kunci: Manajemen, Pendidikan Karakter, Ekstrakurikuler. Currently character education is increasingly getting priority with the enactment of Government Regulation No. 87 of 2017 concerning Strengthening Character Education, which is an educational movement under the responsibility of schools to strengthen student character. One of the activities that is integrated into the cultivation of character education in schools is through extracurricular activities. The extracurriculars researched is (1) Rohis which represented heart exercise, (2) KIR which represented thought, (3) Traditional dance which represented feeling and initiative, and (4) Volley which represented sports. This research aims to explore and study information about character education management in extracurricular activities at SMK Negeri 12 North Jakarta which is expected to be input and development for schools and students. This study uses a qualitative approach with descriptive methods. Data collected from respondents through interviews, observation and documentation study. The data validity technique used source, theory and time triangulation. The data analysis techniques used in this study were data reduction, data presentation, and conclusion. The results of the research findings include: (1) Planning of character education programs in extracurricular activities at SMK Negeri 12 North Jakarta, has been planned systematically and programmatically regarding the main character to be built in each extracurricular based on the school's vision and mission; (2) Implementation of character education programs in extracurricular activities at SMK Negeri 12 North Jakarta, is carried out by applying habituation through activities that can foster students interests and talents, provide exemplary, and create a good environment. Keywords: Management, Character Education, Extracurricular

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Amril Muhammad, S.E, M.Pd. ; 2). Dr. Siti Rochanah, M.M.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 6234 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2020 11:55
Last Modified: 11 Sep 2020 11:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/10664

Actions (login required)

View Item View Item