PENGARUH KEGIATAN MELIPAT KERTAS ORIGAMI TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA 5 - 6 TAHUN DI TK ISLAM KARYA MUKTI (STUDI EKSPERIMEN, DI KELAS B TK ISLAM KARYA MUKTI CITEUREUP BOGOR)

SITI SARIPAH, . (2020) PENGARUH KEGIATAN MELIPAT KERTAS ORIGAMI TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA 5 - 6 TAHUN DI TK ISLAM KARYA MUKTI (STUDI EKSPERIMEN, DI KELAS B TK ISLAM KARYA MUKTI CITEUREUP BOGOR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (444kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB)
[img] Text
1.Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8.LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Penelitian eksperimen ini untuk dapat data empiris tentang pengaruh kegiatan melipat kertas origami terhadap kreativitas anak usia 5 – 6 tahun. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas B di TK Islam Karya Mukti sebanyak 26 anak. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Metode yang digunakan metode eksperimen, dengan desain nonrandomized control group. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes langsung membuat bentuk karya dari lipatan kertas origami. Validitas dan reliabilitas isi instrumen dalam penelitian ini menggunakan rumus product moment pearson dan alpha cronbach (r11). Rumus product moment pearson digunakan untuk menentukan hasil penelitian valid atau tidak. Rumus alpha cronbach digunakan untuk mengetahui instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpulan data dapat dipercaya. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data statistik deskriptif untuk menghitung nilai mean, median, modus, dan standar deviasi. Untuk menguji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dan uji liliefors dan uji homogenitas dengan uji fisher. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji – t dan menghasilkan thitung (24,234) > ttabel (1,711) pada taraf signifikansi ɑ = 0,05 dengan n = 26. Dengan demikian, H0 = ditolak dan H1 = diterima. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan melipat kertas origami berpengaruh signifikan terhadap kreativitas anak usia 5 – 6 tahun. Oleh sebab itu, kegiatan melipat kertas origami bisa menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas anak usia 5 – 6 tahun. Kata kunci : kegiatan melipat kertas origami, kreativitas anak usia 5 – 6 tahun. ABSTRACT The aim of this study was to find out the impact of origami paper folding for children creativity aged 5-6 years old. The subject of this study were class B at Islamic Karya Mukti Kindergarten. Cluster sampling and nonrandomized control group was used as the experimental method. Directly test on origami folding paper were used as the eliciting the data. The validity and reliability of the instrument contents in this study used the Pearson product moment formula and Cronbach alpha (r11). Descriptive statistical data analysis used as the data analysis technique to calculate the mean, median, mode, and standard deviation. To examine the requirements of data analysis using normality test, Lilliefors test, homogeneity test, and fisher test. Then analyzed using t-test is thitung (24,234) > ttabel (1,711) at significance level a = 0,05 with n = 26. Thus, H0 = rejected and H1 = accepted. The results showed that folding origami paper had a significant effect on the creativity of children aged 5-6 years old. This suggest folding origami paper can be used to increase the creativity of children aged 5-6 years old. Key words: origami paper folding activity,creativity of children aged 5-6 years old.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yudrik Jahja, M.Pd 2). Dr. Sofia Hartati, M.Si
Subjects: Karya Umum > Karya Tulis Perguruan TInggi
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Kesenian > Seni (umum)
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Teknologi dan Ilmu Terapan > Kerajinan Tangan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 6034 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2020 12:25
Last Modified: 11 Sep 2020 12:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/10700

Actions (login required)

View Item View Item