Pengaruh model pembelajaran Think Pair Share dan Pair Check terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan: Suatu pembelajaran jarak jauh di Era Pandemi COVID-19

ANDITA AN NADHARI, . (2020) Pengaruh model pembelajaran Think Pair Share dan Pair Check terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan: Suatu pembelajaran jarak jauh di Era Pandemi COVID-19. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (431kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (824kB)

Abstract

Penurunan kualitas lingkungan hidup terus terjadi seiring dengan bertambahnya populasi penduduk, terbukti pada berbagai kejadian alam yang telah terjadi. Masalah lingkungan abad ke-21 ini merupakan tanggung jawab berbagai pihak, termasuk sekolah yang berperan membentuk siswa menjadi pribadi yang memiliki kemampuan berpikir kritis, sehingga dapat menjadi bekal ketika kelak telah terjun ke masyarakat untuk mengatasi masalah lingkungan yang terjadi. Metode untuk membentuk kemampuan berpikir kritis yang dilakukan pada penelitian ini adalah cooperative learning. Model cooperative learning yang digunakan pada penelitian ini adalah Think Pair Share (TPS) dan Pair Check (PC) sebagai eksperimen dan Problem Based Learning (PBL) sebagai kontrol. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh model pembelajaran TPS dan PC terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Perubahan Lingkungan. Penelitian dilaksanakan dengan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ) menggunakan aplikasi WhatsApp di SMA Negeri 1 Cikarang Selatan, Semester II tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari 3 kelompok, masing-masing kelompok berjumlah 34 siswa, dipilih dengan teknik simple random sampling. Berdasarkan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas Bartlett diperoleh data normal dan homogen. Pengujian hipotesis dengan uji ANAVA satu arah pada α=0,05 menghasilkan p-value sebesar 0,94. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tidak terdapat pengaruh model pembelajaran TPS dan PC terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Diana Vivanti Sigit, M.Si 2). Dra. Ratna Dewi Wulaningsih, M.Si
Subjects: Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 5344 not found.
Date Deposited: 26 Oct 2020 17:43
Last Modified: 26 Oct 2020 17:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/10758

Actions (login required)

View Item View Item