TEACHING DIFFICULTIES ENCOUNTERED BY ENGLISH LANGUAGE EDUCATION STUDY PROGRAM (ELESP) STUDENT-TEACHERS OF UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA DURING TEACHING PRACTICE

Artyinda Tustyanindya, . (2018) TEACHING DIFFICULTIES ENCOUNTERED BY ENGLISH LANGUAGE EDUCATION STUDY PROGRAM (ELESP) STUDENT-TEACHERS OF UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA DURING TEACHING PRACTICE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI (S1) - Artyinda Tustya.pdf

Download (6MB)

Abstract

Untuk menjadi seorang profesional, guru akan melewati beragam pengalaman dan tantangan yang bersifat kognitif, fisik dan emosional. Salah satu hal yang harus dilewati adalah sebuah bentuk pengalaman mengajar dengan siswa dan lingkungan sekolah yang nyata. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai kesulitan mengajar yang dialami oleh mahasiswa calon guru Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UNJ tahun angkatan 2014 yang sedang melakukan praktik mengajar di tiga sekolah menengah pertama yang berbeda. Penelitian ini berfokus pada kesulitan dalam keterampilan mengajar yang dilakukan oleh mahasiswa-guru didalam kelas selama praktik keterampilan mengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian basic interpretative qualitative dengan tehnik penelitian berupa observasi kelas untuk mendapatkan data penelitian. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa mahasiwa calon guru mengalami delapan kesulitan mengajar, yaitu; (1) mengelola ujaran guru menggunakan bahasa Inggris selama pelajaran, (2) menyesuaikan tugas dengan kemampuan siswa, (3) menggunakan sumber/materi/media pembelajaran, (4) mengelola aktivitas pembelajaran, (5) mengelola keterlibatan siswa, (6) mengelola waktu siswa, (7) mengelola pergerakan siswa, (8) mengahadapi tingkah laku siswa yang menyimpang. Sebagian besar mahasiwa calon guru mengalami kesulitan yang berhubungan dengan siswa yang diajar oleh mereka dan kesulitan menjadi teladan penutur bahasa Inggris yang baik. Hasil analisis data menunjukkan kesulitan yang paling sering dihadapi adalah menghadapi tingkah laku siswa yang menyimpang dan mengelola ujaran guru menggunakan bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Darmahusni, M. A 2) Dra.Sri Sulastini, M.A
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Nov 2019 11:07
Last Modified: 04 Nov 2019 11:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1076

Actions (login required)

View Item View Item