FARAH FARITSA RUWANDA, . (2020) PENGEMBANGAN PERMAINAN "BINTANG ADALAH AKU" (STAR IS ME) UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN DIRI (SELF-AWARENESS ANAK USIA 5-6 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
01 - COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 - BAB I.pdf Download (746kB) |
|
Text
03 - BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (964kB) | Request a copy |
|
Text
04 - BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
05 - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
07 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (382kB) |
|
Text
08 - LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
09 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) | Request a copy |
|
Text
06 - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengembangkan permainan “Bintang adalah aku” (Star is me) untuk meningkatkan kesadaran diri (self-awareness) anak usia 5 – 6 tahun, 2) meningkatkan kesadaran diri (self-awareness) pada anak usia 5 – 6 tahun dengan melibatkan anak secara aktif, 3) mempermudah guru ataupun orang tua untuk meningkatkan kesadaran diri (self-awareness). Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di Bojongsari, Kota Depok. Subjek penelitian ini adalah ahli materi dan ahli media selaku expert judgement dan 4 orang anak berusia 5 – 6 tahun. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran yang disebut Permainan “Bintang adalah aku” (Star is me). Berdasarkan uji coba dengan ahli media permainan “Bintang adalah aku” (Star is me) masuk dalam kategori sangat layak dengan presentase yang didapat sebanyak 87,5%, sedangkan penilaian yang didapat saat wawancara dengan anak yaitu 100% maka permainan ini masuk ke dalam kategori sangat layak. Berdasarkan perolehan nilai yang didapat setelah melakukan uji coba maka permainan “Bintang adalah aku” (Star is me) sangat layak dijadikan salah satu permainan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran diri (self-awareness) pada anak usia 5 – 6 tahun. This study aims to: 1) Develop the game "Bintang adalah aku" (Star is me) to increase self-awareness for children aged 5 - 6 years, 2) increase self-awareness in children aged 5 - 6 years by involving children actively, 3) making it easier for teachers or parents to increase self-awareness. This study uses the R&D (Research and Development) method with the ADDIE development model. This research was conducted in Bojongsari, Depok City. The subjects of this study were material experts and media experts as judgmental experts and 4 children aged 5-6 years. The object of this research is a learning medium called the "Bintang adalah aku" game (Star is me). Based on trials with game media experts "Bintang adalah aku" (Star is me) is included in the very feasible category with a percentage obtained as much as 87.5%, while the assessment obtained during interviews with children is 100%, this game is included in the category. very worthy. Based on the scores obtained after doing the trial, the game "Bintang adalah aku" (Star is me) is very suitable as a game that can be used to increase self-awareness in children aged 5-6 years.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). HIKMAH, MM., M.Pd. ; 2). DRa.YENINA AKMAL, M.Hum |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 6416 not found. |
Date Deposited: | 18 Sep 2020 05:59 |
Last Modified: | 18 Sep 2020 05:59 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/10794 |
Actions (login required)
View Item |