DESIGNING LIFE AND CAREER SKILLS-INTEGRATED SPEAKING SYLLABUSES FOR ENGLISH LANGUAGE EDUCATION STUDY PROGRAM

MUHAMMAD EKA ZUWANDA, . (2020) DESIGNING LIFE AND CAREER SKILLS-INTEGRATED SPEAKING SYLLABUSES FOR ENGLISH LANGUAGE EDUCATION STUDY PROGRAM. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (910kB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (448kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (538kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Muhammad Eka Zuwanda. 2020. Merancang Silabus Mata Kuliah Keterampilan Berbicara yang Memadukan Kecakapan Dalam Hidup dan Karir untuk Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Suatu Studi Perancangan dan Pengembangan). Tesis. Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Kecakapan dalam Hidup dan Karir telah menjadi suatu keterampilan yang sangat penting untuk dikuasai oleh para generasi berikutnya dalam mengantisipasi dan menghadapi tantangan yang lebih kompleks baik didalam kehidupan maupun lingkungan pekerjaan di era Abad ke-21. Untuk menyiapkan generasi penerus yang terampil dan mampu bersaing, institusi pendidikan memiliki tanggung jawab dengan mampu beradaptasi dengan cepat untuk mengembangkan keterampilan Abad 21 kedalam suatu proses pendidikan seperti pengembangan kurikulum maupun silabus. Di lain sisi, keterampilan berbicara juga menjadi hal yang penting untuk dikuasai agar mampu menggunakan suatu bahasa secara layak pada berbagai situasi sosial sehingga keterampilan tersebut memiliki fungsi yang tepat untuk memahami, menggunakan, dan menyampaikan ekspresi, ide, ataupun pendapat. Maka, penelitian ini bertujuan untuk merancang silabus mata kuliah berbicara yang memadukan kecakapan dalam hidup dan karir untuk program studi pendidikan bahasa Inggris dengan melakukan analisis kebutuhan terhadap kecakapan dalam hidup dan karir yang terdapat pada sembilan belas silabus yang ada untuk mata kuliah berbicara yang diperoleh dari enam Perguruan Tinggi di Indonesia. Analisis tersebut menggunakan LCS indikator yang dikembangkan dari beberapa teori mengenai Kecakapan dalam Hidup dan Karir yang diusulkan oleh National Association of Colleges and Employers (NACE) (2019), Binkley (2012), dan Partnership for 21st Century Skills (P21) (2009). Studi Perancangan dan Pengembangan yang merujuk kepada teori Ellis & Levi (2010); dan Gall & Borg (2003) merupakan suatu rancangan penelitian yang digunakan serta metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Langkah-langkah yang dilakukan pada penelitian ini yaitu Analisis Kebutuhan, Menjelaskan suatu Tujuan, Merancang dan Mengembangkan Silabus, Mengevaluasi Rancangan Silabus, dan Perbaikan Rancangan. Penelitian ini mengungkapkan bahwa Kecakapan dalam Hidup dan Karir telah dipadukan secara implisit maupun eksplisit kedalam silabus mata kuliah berbicara yang sebagian besar muncul pada komponen silabus seperti Deskripsi Mata Kuliah, Tujuan Pembelajaran, Materi Ajar, Proses Pembelajaran, Media Pembelajaran, Evaluasi atau Penilaian, dan Kebijakan Mata Kuliah. Keterampilan komunikasi baik oral maupun tertulis dan keterampilan berpikir kritis merupakan indikator dari LCS yang secara dominan dipadukan kedalam silabus Mata Kuliah Berbicara yang ada. Penelitian ini juga menyediakan langkah-langkah terhadap pemaduan LCS dan rancangan silabus mata kuliah berbicara yang Memadukan Kecakapan dalam Hidup dan Karir seperti silabus (Speaking for General Purposes, Speaking for Professional Purposes, dan Speaking for Academic Purposes). Silabus berbasis keterampilan dirujuk untuk merancang silabus yang diharapkan. Keywords: Kecakapan dalam Hidup dan Karir, Keterampilan Berbicara, Rancangan Silabus, DDR, ATC21 Framework. ABSTRACT Muhammad Eka Zuwanda. 2020. Designing Life and Career Skills-Integrated Speaking Syllabuses for English Language Education Study Program (Design and Development Study). Thesis. Master Program of English Language Education Study Program, Faculty of Languages and Arts, State University of Jakarta. Life and Career Skills (LCS) are already considered to be the essential skills to get equipped by the next generation in anticipating and facing complex challenges in life and work environment in the 21st Century Era. In preparing skillful and compatible next-generation, the educational institution has a responsibility to evolve fast by addressing the 21st Century skills into educational systems such as curriculum, or syllabuses. In other hands, speaking skill has become a skill which is significant to master in utilizing language properly in various social context so that it has a function in understanding, composing, or interacting expressions, ideas, and opinion. Therefore, this study aims to design Life and Career Skills-integrated speaking syllabuses for ELESP by conducting a need analysis of Life and Career Skills towards nineteen syllabuses for speaking courses from six universities in Indonesia. The analysis is carried out by employing LCS indicators which are developed from some frameworks or theories of LCS proposed by the National Association of Colleges and Employers (NACE) (2019), Binkley et al. (2012), and Partnership for 21st Century Skills (P21) (2009). The design of this study is Design and Development Research (DDR) proposed by Ellis & Levi (2010); and Gall & Borg (2003) and qualitative descriptive as a research method used in this study. The modified steps of DDR in this study are Need Analysis, Describe the Objectives, Design & Develop the Syllabus, Evaluate the Prototypical Syllabus, and Design Revision. The findings reveal that Life and Career Skills have been integrated implicitly and explicitly into speaking syllabuses which appear mostly in syllabus components such as Course Description, Learning Objectives, Learning Outcomes, Materials, Teaching Methods, Learning Media, Assessment/Evaluation, and Course Policy. Oral/Written Communication and Critical Thinking competencies are the main LCS-indicators which are highly addressed in the existing speaking syllabuses. This study sets for the procedure of LCS integration and the design of Life and Career Skills-integrated speaking syllabuses; Speaking for General Purposes, Speaking for Professional Purposes, and Speaking for Academic Purposes. A skill-based syllabus is referred to design the proposed syllabuses. Keywords: Life and Career Skills, Speaking Skills, Syllabus Design, DDR, ATC21 Framework.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Dr. Sri Sumarni, M.Pd. 2) Dr. Siti Drivoka, S., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Tinggi, Universitas
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 5168 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2020 13:58
Last Modified: 18 Sep 2020 13:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/10975

Actions (login required)

View Item View Item