PENGEMBANGAN MEDIA TANGGA HITUNG (TANGTUNG) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAKUKAN PENJUMLAHAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI WILAYAH KELURAHAN MERUYA SELATAN RT/RW : 006/02

ANGGI DWI BUDI PRATIWI, . (2020) PENGEMBANGAN MEDIA TANGGA HITUNG (TANGTUNG) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAKUKAN PENJUMLAHAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI WILAYAH KELURAHAN MERUYA SELATAN RT/RW : 006/02. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (796kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (418kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian karya inovatif ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media tantung untuk meningkatkan kemampuan melakukan penjumlahan anak usia 5-6 tahun. Pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE ini memiliki lima tahapan. Penilaian pada pengembangan menggunakan skala 1-4. Dari hasil uji coba tersebut diperoleh rata-rata ke seluruhan penilaian ahli media dengan nilai 57,14%, rata-rata keseluruhan penilaian ahli materidengan nilai 87,5% sehingga memperoleh hasil rata-rata keseluruhan penilain para ahli dengan nilai 72,32%. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengembangkan media tantung dapat meningkatkan kemampuan melakukan penjumlahan anak usia 5-6 tahun. implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa pengembangan media tantung dapat dijadikan seagai altenatif untuk meningkatkan kemampuan melakukan penjumlahan anak usia 5-6 tahuntetapi disesuaikan dengan materi. Fasilitas, kesiapan guru dan anak. Pengembangan media tantung ini memberi masukkan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang ingin mengembangkan sebuah media permainan khususnya media tantung. Kata kunci : Kemampuan melakukan penjumlahan, media pembelajaran tantung. Penelitian Karya Inovatif This innovative research work is a development research that aims to develop hanging media to increase the ability to add up children aged 5-6 years. This development refers to the ADDIE development model. This ADDIE development model has five stages. Assessment on development uses a scale of 1-4. From the results of this trial, the overall average assessment of the media experts was obtained with a value of 57.14%, the overall average assessment of the material experts was 87.5%, so that the overall average score of the experts' assessment was 72.32%. Thus the results of the study show that developing Tantung media can increase the ability to add up children aged 5-6 years. The implication of this research result is that media development can be used as an alternative to increase the ability to add up children aged 5-6 years but according to the material. Facilities, the readiness of teachers and children. Development of media for providing information for Early Childhood Education Teacher Education Study Program students who wish to develop a game media, especially hanging media. Key words: Ability to do addition, pocket learning media. Research Innovative Wo

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Yasmin Faradiba, M.Pd 2) Hikmah, M.M, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 6475 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2020 18:14
Last Modified: 20 Sep 2020 18:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11062

Actions (login required)

View Item View Item