PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPINGKONVENSIONAL DANMIND MAPPINGBERBASIS MINDJET MINDMANAGER PRO7TERHADAP HASILBELAJAR GEOGRAFI (Studi EksperimenSiswa Kelas X IPS SMA Negeri 68 Jakarta)

LINA KHIYAROH, . (2016) PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPINGKONVENSIONAL DANMIND MAPPINGBERBASIS MINDJET MINDMANAGER PRO7TERHADAP HASILBELAJAR GEOGRAFI (Studi EksperimenSiswa Kelas X IPS SMA Negeri 68 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Lina Khiyaroh.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 68Jakarta yang berjumlah 109siswa dan dengan sampel 70siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive samplingyaitu kelas yang memiliki jam pelajaransama, dimana terdapat dua kelas homogen yang diteliti, yakni satu kelas eksperimen yang diajarkan dengan menerapkanmetodemind mappingberbasis mindjet mindmanager pro7dan kelas kontrol yang diajarkan denganmetode mind mappingkonvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes sebanyak 35soal. Bentuk tes adalah pilihan ganda dan terbagi menjadi dua bagian, yakni pre-testdan post-test. Kelas eksperimen dengan perlakuan metode mind mappingberbasis mindjet mindmanager pro7mengalami peningkatan rata-rata lebih tinggi yaitu dari 43,3 menjadi 79,03 dibandingkan dengan kelas yang mendapatkan perlakuan dengan metode mind mappingkonvensional yaitu dari 42,42 menjadi 73,00.MetodeMind mapping berbasisMindjet Mindmanager pro7memiliki keunggulan dibandingkan mind mappingkonvensional, yaitu dapat terhubung langsungdengan internet, dapat diedit, menghemat waktu dan dapat dipindahkan ke MicrosoftWord, Microsoftpower point, akan tetapimetode mind mappingberbasisMindjet Mindmanager pro7juga memiliki kelemahan bagi yang tidak bisa mengoperasikankomputer maka tidak bisa membuat Mindjet Mindmanager pro 7.Berdasarkan sebaran soal Anderson metode mind mappingberbasis mindjet mindmanager pro7tidak cocok digunakan untuk soal berkategori aplikasi (C3) pada materi konseptual.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Eko Tri Rahardjo, M.Pd ; 2). Oot Hotimah,S.Pd, M.Si
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 21 Sep 2020 12:32
Last Modified: 21 Sep 2020 12:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11070

Actions (login required)

View Item View Item