KENAKALAN DAN TINDAK KEKERASAN ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN(Studi Kasus: Andikpas Pelaku Kenakalan dan Korban Kekerasan Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Pria Klas I Tangerang)

Luthfy Dwianna Maharani, . (2018) KENAKALAN DAN TINDAK KEKERASAN ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN(Studi Kasus: Andikpas Pelaku Kenakalan dan Korban Kekerasan Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Pria Klas I Tangerang). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikankenakalan dan tindak kekerasan yang terjadi di dalam Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Pria Klas I Tangerang. Banyaknya kasus kenakalan dan kekerasan yang terjadi di dalam LPKA terkadang luput dari pengawasan masyarakat, terutama Petugas LPKA. Anak didik pemasyarakatan seolah tidak memiliki hak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Konsep yang digunakan adalah Kenakalan, Tindak Kekerasan, Anak Didik Pemasyarakatan dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak. Adapun teori yang digunakan sebagai pisau analisis adalah differential association theoryyang dikemukakan oleh Edwin H. Sutherland. Subjek penelitian terdiri dari 5 andikpas sebagai informan kunci dan 2 orang informan pendukungdari LPKA Pria Klas I Tangerang dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia. Penulis melakukan penelitian di dua lokasi yang berbeda, yakni LPKA Pria Klas I Tangerang sebagai lokasi penelitian utama dan Komisi Perlindungan Anak Indonesiasebagai lokasi penelitian pendukung. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi,wawancara, serta studi pustaka. Teknik triangulasi data dilakukan diLPKA Pria Klas I Tangerang dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia guna mendapatkan kebenaran yang kuat dari pada informan terkait. Penulis melakukan wawancara dalam penelitian ini dalam jangka waktu limabulan, yakni sejak Agustus 2015 hingga Januari 2016.Hasil penelitian menyatakan bahwa di LPKA Pria Klas I Tangerang masih terdapat kenakalan yang dilakukan oleh andikpas, seperti merokok, mencuri, hingga tindak kekerasan.Permasalahan kenakalan dan kekerasan yang dilakukan oleh andikpasada dua: Pertama, faktor yang mendasari terjadinya kenakalan dan tindak kekerasan yang dilakukan oleh sesama Andikpas bermula dari rendahnya fungsi sosial keluarga, sehingga semakin tinggi tingkat penyimpangan yang dilakukan oleh anak. Selain itu, lingkungan LPKA yang kurang kondusif menjadi faktor terbesar terjadinya kenakalan dan kekerasan di dalam LPKA. Kedua, tingkah laku kriminal, motif serta motif melakukan kejahatan yang dilakukan oleh anak selama berada di LPKA justru dipelajari melalui interaksi antar sesama andikpas di LPKA Pria Klas I Tangerang

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ciek Julyati Hisyam, M.M, M.Si ; 2). Dra. Rosita Adiani, M.A
Subjects: Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 23 Sep 2020 15:23
Last Modified: 23 Sep 2020 15:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11105

Actions (login required)

View Item View Item