PENGARUH PENGGUNAAN MEDIAPEMBELAJARAN FILMSEJARAH TERHADAP HASIL BELAJARSEJARAHPADA SISWA KELAS XI IPS SMANEGERI12 JAKARTA

Marchiliarno Aditya Rinaldi, . (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIAPEMBELAJARAN FILMSEJARAH TERHADAP HASIL BELAJARSEJARAHPADA SISWA KELAS XI IPS SMANEGERI12 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (77kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (103kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (84kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (223kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (465kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan dataempiris tentang pengaruh media pembelajaran filmterhadap hasil belajar sejarah.Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 12 Jakarta dari bulan Maret sampai April 2016. Pendekatan penelitian yang digunakanadalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 12 Jakarta yang berjumlah 648 orangyang berasal dari 18kelas, sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 108orang yang berasaldari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Sampel yang diambil berjumlah dua kelas yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Hasil uji cobavaliditasinstrumen dengan menggunakan rumus Spearman Brown menghasilkan 45soal yang valid dari 50soal, dan uji reliabilitas diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,942yang berarti instrumen dapat digunakan. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas pada kelas eksperimen diperoleh Lh (0,104) < Lt (0,148) maka sebaran data berdistribusi normal dan pada kelas kontrol diperoleh Lh (0,143) < Lt (0,148) maka sebaran data berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Barlett dan diperoleh x2(hitung) (1,076) <x2(tabel) (3,84) maka H0 : μ1≥ μ2atau varians homogen diterima. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t menghasilkan thitung 9,046> ttabel2,00pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,05), maka H0ditolak dan H1diterima. Dapat disimpulkan bahwaterdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran film terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPSSMA Negeri 12Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nurzengky Ibrahim,M.M ; 2). Dr. Umasih, M.Hum.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 23 Sep 2020 15:46
Last Modified: 23 Sep 2020 15:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11107

Actions (login required)

View Item View Item