MODALITASBELAJAR SISWA DANHASIL BELAJAR SEJARAH SMA NEGERI 53 JAKARTA

Mela Fitriyani, . (2016) MODALITASBELAJAR SISWA DANHASIL BELAJAR SEJARAH SMA NEGERI 53 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI Mela Fitriyani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenaimodalitas belajar siswa yang dominan dan hasil belajar sejarah SMA Negeri 53 Jakarta.Modalitas belajar adalah cara seseorang menyerap informasi melalui indera yang dimiliki. Pertama, modalitas visual siswa menyerap materi pembelajaran sejarah melalui mata(penglihatan)dalam belajar. Kedua, modalitas auditorial siswa menyerap materi pembelajaran sejarah melalui telinga(pendengaran)dalam belajar. Terakhir, modalitas kinestetik siswa menyerap materi pembelajaran sejarah melalui gerakan(menyentuh)dalam belajar.Penelitian inidilaksanakan dari bulan Februari sampai dengan Mei 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik survey. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI sebanyak 252 siswa. pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan penetapan 25% dari masing-masing kelas sehingga diperoleh 63 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang dianalisis secara deskriptif dengan penyajian menggunakan tabel frekuensi dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian,diketahui 22 responden (35%) mempunyai modalitas belajar visual, 21 (33%) siswa mempunyai modalitas belajar kinestetik, dan 20 (32%) mempunyai modalitas auditorial dari 63 responden. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa modalitas belajar yang dominan adalah modalitas belajar visual. Hasil belajar sejarah siswa yang memiliki modalitas visual mempunyai nilai dengan rata-rata 62, modalitas auditorial 63 dan modalitas kinestetik 61.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa mengetahui modalitas yang dimiliki siswa akan membantu siswa dalam proses pembelajaran. Apabila guru mengetahuimodalitas belajar yang dimiliki siswanya guru dapat menyesuaikan pembelajaran dengan modalitas belajar siswanya, sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam mempelajari informasi baru (materi pelajaran). iiiKarakteristik pembelajaran sejarah yang menjelaskan mengenai masa lampau harus membuat materi pelajaran sejarah menjadi nyata, jelas, dan menarik. Penggunaan sarana pembelajaran audiovisual mampu membantu siswa dalam memahami materi pelajaran. Oleh karena itu, pembelajaran sejarah lebih cenderung menggunakan sarana-sarana audio-visual seperti gambar, film sejarah, dan peta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Djunaidi, M.Hum ; 2). Dra. Corry Iriani R.,M.Pd
Subjects: Ilmu Sejarah > Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 23 Sep 2020 16:15
Last Modified: 23 Sep 2020 16:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11109

Actions (login required)

View Item View Item