HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN VOLUME PENJUALAN PADA SENTRA UKM MINUMAN SEGAR DI JAKARTA SELATAN

KARA HARIDAH, . (2012) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN VOLUME PENJUALAN PADA SENTRA UKM MINUMAN SEGAR DI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
KARA HARIDAH.pdf

Download (46MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan berdasarkan data atau fakta yang sahih atau valid, benar dan dapat dipercaya tentang Hubungan Antara Pengetahuan Strategi Pemasaran Dengan Volume Penjualan Pada Sentra UKM Minuman Segar, Jakarta Selatan. Penelitian ini dilakukan pada pelaku UKM minuan segar di Jakarta Selatan selama enam bulan terhitung sejak Oktober 2011 sampai dengan Maret 2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sensus dengan pendekatan korelasional. Metode sensus dengan pendekatan korelasional merupakan penelitian yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil dengan mengambil seluruh jumlah populasi yang ada agar mendapatkan hasil penelitian yang dapat dipercaya. Penelitian korelasi merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara dua variabel atau beberapa variabel. Populasi pada penelitian ini adalah jumlah dari keseluruhan populasi usaha mikri, kecil dan menengah yang bergerak di bidang minuman segar di Jakarta Selatan yang berjumlah 34 pengusaha. Karena hanya ada 34 pengusaha maka seluruh unit (populasi) dijadikan sampel. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 19,59 + 0,332X. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji Liliefors menghasilkan Lhitung < Ltabel, karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Uji hipotesis terdiri dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel, artinya persamaan regresi tersebut berarti, uji linieritas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel, artinya persamaan regresi tersebut linier, serta perhitungan koefisien korelasi untuk mengetahui tingkat keterikatan hubungan antara variabel X dan variabel Y. Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung > ttabel. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 39,51% hal ini berarti bahwa variasi volume penjualan 39,51% dijelaskan oleh pengetahuan strategi pemasaran dan sisanya dijelaskan oleh faktor lain. Hasil perhitungan menyimpulkan terdapat hubungan yang positif antara Pengetahuan Strategi Pemasaran dengan Volume Penjualan pada sentra UKM minuman segar di Jakarta Selatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dra. Endang Sri Rahayu, M.Pd 2.) Ari Saptono, SE, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 05 Nov 2019 10:16
Last Modified: 05 Nov 2019 10:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1112

Actions (login required)

View Item View Item