Persepsi Siswa Tentang Perhatian Guru Dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 78 Jakarta

Michael Tamboch, . (2016) Persepsi Siswa Tentang Perhatian Guru Dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 78 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi - Michael Tamboch - 4415122373.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang perhatian guru dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 78 Jakarta. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 78 Jakarta dari tanggal 28 Maret 2016 sampai dengan 14 April 2016. Metode yang digunakan deskriptif kuantitatif, dengan teknik survei. Responden yang diambil adalah keseluruhan siswa kelas XI IIS A,B dan C serta XII MIA G dan H di semester genap Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 163 siswa.Pengukuran persepsi siswa tentang perhatian guru menggunakan alat non tes dengan skala sikap yangmeliputi dimensi pengetahuan, pengalaman dan penilaian, dengan alternatif jawaban dari negatif hingga positif. Skor-skor yang diperooleh dijumlahkan dan masing-masing dimensi dikalikan 100%, untuk selanjutnya dihitung rata-ratanya (rerata).Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi negatif siswa tentang perhatian guru diperoleh 31,30% (XI IIS A), 27,80% (XI IIS B), 36,22% (XI IIS C) dengan rata-rata kelas IIS 31,76 %. 40,00% (XII MIA G), 35,77% (XII MIA H) dengan rata-rata kelas MIA 37,85%. Persentase negatif keseluruhan kelas adalah 34,20%. Sedangkan persepsi positif siswa tentang perhatian guru diperoleh 68,70% (XI IIS A), 72,20% (XI IIS B), 63,78%(XI IIS C) dengan rata-rata kelas IIS 68,24%. 60.00% (XII MIA G), 64,23% (XII MIA H) dengan rata-rata kelas MIA 62,15%. Persentase positif keseluruhan kelas adalah 65,80%.Penelitian ini secara keseluruhan menyimpulkan bahwa persepsi siswa tentang perhatian guru selama proses pembelajaran sejarah sudah kuat. Dilihat dari rata-rata positif kelas IIS 68,24% danMIA 62,15% dengan selisih 6,09% perhatian guru sudah cukup baik didalam kelas MIA dan IIS .Terlihat dari perbedaan persepsi rata-rata tidak terlalu jauh dan masih masuk dalam kategori kuat. Dengan beberapa kekurangan perhatian guru yaitupengetahuan, pengalaman maupun penilaian guru terhadap siswanya

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs.R. Wisnubroto, M.Pd. ; 2). Dra. Budiarti, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 24 Sep 2020 17:33
Last Modified: 24 Sep 2020 17:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11124

Actions (login required)

View Item View Item