PERUBAHAN SOSIAL DAN EKONOMI MASYARAKAT RUSUNAWA(Studi Kasus : Warga Kali Sentiong Kemayoran ke RusunawaKomarudin Cakung)

Mohammad Fahrizal, . (2016) PERUBAHAN SOSIAL DAN EKONOMI MASYARAKAT RUSUNAWA(Studi Kasus : Warga Kali Sentiong Kemayoran ke RusunawaKomarudin Cakung). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (476kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perubahan sosial dan ekonomi bagi warga korban relokasi. Penelitian ini menggambarkan bagimana kehidupan warga pinggir Kali Sentiong pasca relokasi, melihat peluang demipeluang agar dapat menyambung hidup di Jakarta. Aspek sosial dari nilai, norma, institusi serta kebudayaan yang berubah karena keadaan, waktu dan juga sistem pasca relokasi.Selain itu, melihat berbagai macamkegiatan ekonomi warga dan bagaimana stratifikasi sosialnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, denganpengumpulan data melalui teknik observasi langsung di lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian iniunit analisisnya adalah 6warga Blok DRusunawa Komarudin dan 1 warga sekitar rusunawa. Penelitian ini juga menggunakan data sekunder yaitu data dari dinas perumahan rakyat berupa data demografi, dan latar belakang berdirinya Rusunawa Komarudin untuk memperkuat temuan data di lapangan.Hasil penelitian menemukan bahwa telah terjadinya proses perubahansosial. Berdasarkan pemikiran Sztompka tentang perubahan sosialterdapat tigaproses perubahan, yaitu perubahan berdasarkan keadaan. Warga harus bisa menyesuaikan dengan keadaan fisik bangunan yang sekaran berbentukhunian verticalserta keadaan lain secara fasilitas yang tidak memadai. Kedua ialah perubahan karena sistem. Pihak RT tidak bisalagi sendiri dalam membuat peraturan melainkan harus berkolaborasi dengan pihak pengelola, seperti penetapan lantai satu sebagai lantai khusus warga yang memiliki lansia dan tidak diperbolehkan memelihara hewan di rumah. Ketiga adalah perubahan karena waktu. Seiring berjalannya waktu warga mulai merasakan perekonomian yang semakin sulit. Wilayah yang sepi dan berbeda dengan kali sentiong membuat perekonomian warga sulit, uang kerohiman habis, warga mulai berhutang kepada bank dan warga juga mulai menjual barang-barang elektronik mereka demi keberlangsungan hidup.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ciek Julyati Hisyam, MM., M.Si ; 2). Ahmad Tarmiji, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 24 Sep 2020 18:20
Last Modified: 24 Sep 2020 18:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11128

Actions (login required)

View Item View Item