METODE PENELITIAN DALAM PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH

Muhamad Iqaamatuddin, . (2016) METODE PENELITIAN DALAM PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
MUHAMAD IQAAMATUDDIN, S.Pd. _METODE PENELITIAN DALAM PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai Metode Penelitian Dalam Persepsi Mahasiswa Pendidikan Sejarah. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Sejarah, FIS UNJ yang beralamat di Jalan Rawamangun Muka, Jakarta Timur. Waktu penelitian dilakukan mulai dari April sampai Juni 2016. Metode penelitian yang digunakan deskriptif dengan teknik survei. Jumlah populasi terjangkau ditargetkan 50mahasiswa yang dijadikan respondendari 125mahasiswa angkatan 2011 dan 2012 yang sedang mengambil matakuliah seminar proposal dan skripsi di semester 104. Teknik pengambilan data yang digunakansimple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kuisioner (angket) yang dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan tabel frekuensi dan persentase.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa mengenai metode penelitian adalah suatu cara yang digunakan untuk mendapatkan data ilmiah sehingga kebenarannya dapat dipertanggungjawabkan. Sebanyak 96% mahasiswa mempersepsikan bahwa penguasaan masalah menjadi hal penting dalam melakukan penelitian karena pada hakikatnya esensi penelitian adalah menemukan masalah dan menjawab masalah penelitian. Berdasarkan penguasaan masalah yang dipahami maka mahasiswa dapat menentukan metode penelitian yang paling tepat untuk menjawab masalah penelitian yang dihadapi. Selain itu, sebanyak 54% mahasiswa mempersepsikan bahwa metode penelitian kuantitatif tidak dapat mempercepat penyelesaian studidan sebanyak 88% mahasiswa mempersepsikan metode penelitian kualitatif dan historis tidak dapat memperlambat penyelesaian studi. Hal ini menjelaskan, waktu cepat atau lambat proses penyelesaian studi tidak bergantung pada jenis metode penelitian, namun mahasiswa beranggapan cepat dan lambatnya kelulusan tergantung pada niat dan kesungguhan bergantung pada diri sendiri. Sehingga faktor dari dalam diri sendiri sangat berpengaruh terhadap mahasiswa dalam memilih metode penelitian

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Tuti Nuriah, M.Pd, ; 2). Dra. Budiarti, M.Pd,
Subjects: Ilmu Sejarah > Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 24 Sep 2020 18:44
Last Modified: 24 Sep 2020 18:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11130

Actions (login required)

View Item View Item