Muinah Rahmania, . (2016) GAYA HIDUP KONSUMTIF DI KALANGAN REMAJA(Studi Pada Pelajar SMA Islam Al-Azhar 2 Pejaten Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Muinah Rahmania_4815126967.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji gaya hidup konsumtif di kalangan remaja yang terjadi di SMA Islam Al-Azhar 2 Pejaten, yaitu bentuk-bentuk perilaku konsumtif pelajar SMA Islam Al-Azhar 2 Pejaten serta pembentukan citra diri oleh pelajar melalui penampilannya di sekolah. Penelitian ini juga melihat konsep hiperrealitas oleh Jean Baudrillard pada fenomena gaya hidup konsumtif.Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep hiperrealitas dari Jean Baudrillard. Penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif dengan jenis penelitian eksplanatif dan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan dan wawancara mendalam dengan 11 informan yang terdiri atas 6 informan utama yaitu 6 pelajar SMA Islam Al-Azhar 2 Pejaten yang kerap kali menggunakan barang bermerek ke sekolah. Sedangkan 4 informan tambahan dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, guru BK dan 2 orang Guru Wali Kelas. Kemudian orang tua pelajar sebagai informan kunci penelitian.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya hidup dapat menjadi pedoman seseorang dalam mengkonsumsi sesuatu. Kegiatan konsumsi barang bermerek yang dilakukan para pelajar SMA Islam Al-Azhar 2Pejatenmerupakan sebuah bentuk upaya membentuk citra diri di lingkungan sosialnya. Demi membangun citra diri dan tanda yang mereka inginkan akhirnya memicu mereka untuk mengkonsumsi secara terus menerus yang pada akhirnya menyebabkan mereka berperilaku konsumtif. Keadaan hiperrealitas ini membuat mereka mengkonsumsi barang secara berlebihan dan tidak didasarkan atas kebutuhan seperti pada konsepJean Baudrillard. Hiperrealitas menciptakan keadaan di mana kepalsuan berbaur dengan keaslian, seperti halnya tujuan konsumsi yang semu. Berdasarkan hasil penelitian, remaja yang masih berstatus sebagai pelajar dapat lebih memanfaatkan waktu mereka sebagai pelajar dan memilah-milah barang yang akan dikonsumsi. Selain itu, dukungan dari orang tua juga sangat diperlukan sebagai pengontrol pengelolaan uang saku dan barang-barang yang akan di konsumsi oleh remaja. Sekolah sebagai institusi pendidikan hendaknya merumuskan kebijakan mengenai larangan penggunaan barang bermerek ke sekolah guna menghindari kecemburuan sosial pada para pelajarnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Yuanita Aprilandini, M.Si ; 2). Dr. Ikhlasiah Dalimoenthe, M.Si |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 26 Sep 2020 13:45 |
Last Modified: | 26 Sep 2020 13:45 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11145 |
Actions (login required)
View Item |