MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH Studi Survei Pada Siswa Kelas XI IPSSMA Negeri 45 Jakarta

Nadya Dwi Utami, . (2016) MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH Studi Survei Pada Siswa Kelas XI IPSSMA Negeri 45 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Nadya Dwi Utami.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi siswa dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPSSMA Negeri 45 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Juni 2015 sampai dengan Desember 2015.Metode yang digunakan adalah metode surveidengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPSSMA Negeri 45 Jakarta, dengan jumlahsiswa sebanyak 140 orang yang terdiri dari XI-IIS 1, XI-IIS 2, XI-IIS 3, dan XI-IIS 4. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik random sampling, peneliti hanya mengambil 71 persen dari jumlah siswa kelas XI IPSSMA Negeri 45 Jakarta. Sampel keseluruhan berjumlah 100 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, berisi pernyataantertulis,terdiri dari 45 butir soal. Kuesioner yang digunakan dalam bentuk skalalikert. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian motivasi siswa dalam pembelajaran sejarah dari aspek dorongan internal: indikator pertama, adanya hasrat dan keinginan berhasil dalam belajar sejarah, sebanyak 55,4% responden menyatakan setuju dan 22,6% menyatakan tidak setuju. Indikator kedua, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar sejarah adalah sebanyak 41,50% menyatakan setuju, sedangkan sebanyak 29,86% menyatakan tidak setuju. Indikator ketiga adanya harapan dan cita-cita masa depan dengan belajar sejarah,sebanyak61,80% menyatakan setuju, sedangkan sebanyak 22,60% menyatakan tidak setuju.Motivasi belajar sejarah dari aspek dorongan eksternal: indikator keempat, adanya penghargaan dalam belajar sejarah adalah sebanyak 66% menyatakan setuju, sedangkan 20,4% menyatakan tidak setuju.Indikator kelima, adanya kegiatan yang menarik dalam belajar sejarah adalah sebanyak 62,67% menyatakan setuju, dan 21% menyatakan tidak setuju. Indikator keenam adanya lingkungan belajar yang kondusif dalam belajar sejarah,sebanyak65,6% menyatakan setuju, dan 20,8% menyatakan tidak setuju.Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, siswa-siswi kelas XI IPS SMA Negeri 45 Jakarta memiliki motivasi intrinsik dengan persentase sebesar52,9%, dengan demikian motivasi belajar sejarah secara intrinsik tersebut termasuk dalam kategori sedang karena berada dalam rentang skor 34%-66%. Sedangkan motivasi ekstrinsikdengan persentase sebesar64,76%, dengan demikian motivasi belajar sejarah secara ekstrinsik berkategori sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. R. Wisnubroto, M.Pd, ; 2). Drs. Abrar, M.Hum,
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 26 Sep 2020 14:39
Last Modified: 26 Sep 2020 14:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11148

Actions (login required)

View Item View Item