KETIDAK MAMPUAN EKONOMI ORANG TUA DALAM MEMBIMBING BELAJAR ANAK(Studi Kasus SMP DARROSTA, Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat)

Nasopah, . (2016) KETIDAK MAMPUAN EKONOMI ORANG TUA DALAM MEMBIMBING BELAJAR ANAK(Studi Kasus SMP DARROSTA, Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI NASOPAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal anak yang orang tuanyamemiliki ketidakmampuan ekonomi tidak belajar ketika di rumah, 2) Untuk mengetahui mengapaanak yang orang tuanya memiliki ketidakmampuan ekonomi cenderung memperoleh hasil belajar yang rendah. Penelitian ini dilakukan di SMP Darrosta di daerah Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat selama tiga bulan dari bulan Februari sampai bulan April 2016. Metode penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi, penggunaan dokumen, kajian pustaka, teknik dokumentasi, dan catatan lapangan.Hasil penelitian menunjukkan, (1) Terdapat 2 faktor yang menyebabkan anak yang orang tuanya memiliki ketidakmampuan ekonomi tidak belajar ketika di rumah. Yakni faktorInternal yaitu rasa malas anakuntuk belajar ketika di rumah dan rendahnya motivasi belajar anak. Sedangkan faktor eksternal yaitu motivasi pendidikan orang tua untuk memperhatikan anak untuk belajar di rumah sangatlah minim.(2) Mengapa anak yang orang tuanya memilikiketidakmampuan ekonomi cenderung memperolehhasil belajar yang rendah yaitu dikarenakan rendahnya motivasi belajar anakserta rendahnya motivasi orang tua dalam pendidikan. Anak masih belum menyadari pentingnya belajar dan pendidikan.Rendahnya motivasi orang tua secara tidak langsung memberikan dampak yang nyata dalam rendahnya motivasi belajar anak. Tidak adanya dorongan dari orang tua membuat anak menjadi tidak merasa diperhatikan, sehingga baik ataupun tidaknya hasil belajar yang dimiliki anak tidak merasa sesuatu hal yang penting.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Abdul Haris Fateghipon, M.Si. ; 2). Drs. Muhammad Muchtar, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 26 Sep 2020 14:57
Last Modified: 26 Sep 2020 14:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11150

Actions (login required)

View Item View Item