PENGARUH IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 BERBASIS KOMPETENSI TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 38 JAKARTA

Nelva Aini Syifa, . (2016) PENGARUH IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 BERBASIS KOMPETENSI TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 38 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI NELVA - UPT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (187kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN NELVA.pdf

Download (426kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh implementasi Kurikulum 2013terhadap hasil belajar peserta didik. Hal yang menarik pada penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh dari kegiatan pembelajaran sosiologi dalam Kurikulum 2013terhadap hasil belajar peserta didik,dengan diarahkan pada pembentukan kompetensi peserta didik.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dua variabel yaitu variabel X (implementasi Kurikulum 2013)dan variabel Y (hasil belajar peserta didik). Penelitian ini menggunakan metode survey melalui teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Responden berjumlah 50 orang. Responden dalam penelitian ini yaitu siswa dan siswi kelas X IIS 1, 2 dan 3 SMA N 38 Jakarta yang dipilih menggunakan teknik sampling untuk menentukan sampelnya. Analisis data menggunakan uji persyaratan, uji asumsi, deskripsiunivarat dan analisis bivariat. Hasil penelitian menyimpulkanbahwa terdapat pengaruh positif dari implementasi Kurikulum 2013terhadap hasil belajar sosiologi peserta didik kelas X SMA Negeri 38 Jakarta. Dengan nilai koefisiensebesar 0.342dan nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0.015yang berarti antara variabel implementasi Kurikulum 2013terhadapvariabel hasil belajar sosiologi peserta didik memiliki korelasi cukup, searah dan signifikan.Berdasarkan penelitian hasil belajarmerupakansuatu realitas sosial yang diciptakan peserta didik melalui kekuatan konstruksi sosialnya dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ciek Julyati Hisyam, M.M, M.Si ; 2). Dian Rinanta Sari, S.Sos,M.A.P
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 26 Sep 2020 15:20
Last Modified: 26 Sep 2020 15:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11151

Actions (login required)

View Item View Item