KONTRIBUSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN EMPATI SISWA(STUDI KASUS DI SMKN 7 JAKARTA)

Nida Khofiya, . (2016) KONTRIBUSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN EMPATI SISWA(STUDI KASUS DI SMKN 7 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI Nida Khofiya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kontribusi Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan empati siswa. Objek penelitian ini adalah 58 siswa yang terdiri dari 38 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Data penelitian dikumpulkanmelalui observasi, dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan lembarkuisioner, dan panduan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis secaradeskriptif kualitatif menggunakan model analisis interaktif. Data hasil penelitian menunjukkan tingkatempati siswa kelas X SMKN 7 Jakarta rata-rata berkategori tinggi, berdasarkanperhitunganhasilangketyangtelahdiisiolehresponden(denganskalakriteria;100-76=tinggi,75-51=sedang,50-26=cukup,25≥rendah),makadidapatkanhasiltingkatempatisiswakelasXSMKN7Jakarta;50%dengankategoriempatitinggi,48.28%memilikiempatidengankategorisedang,serta1.72%dengankategoriempaticukup.Kontribusi Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan; aspek fantasidalam bentuk pembelajaran kisah suri tauladan nabi dan para sahabat, aspek pengambilan perspektifmelaluiibadah puasa siswa menjadi mampu memahami perasaan orang yang kurang beruntung, aspek perhatiandengan menjalin persaudaraan antar sesama muslim (ukhuwah islamiyah) atau sesama manusia (ukhuwah insaniyah), aspek kecemasan pribadiyaitu dengan mengontrol diri sendiri agar tidak menyakiti orang lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ahmad Hakam, M.A, ; 2). Sari Narulita, Lc., M.Si
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 26 Sep 2020 15:29
Last Modified: 26 Sep 2020 15:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11152

Actions (login required)

View Item View Item