RELASI DOMINASI MEDIA DALAM DAKWAHTAINMENT( Studi Program Dakwah “Islam Itu Indah” TRANS TV)

Nur Alfatiningsih, . (2016) RELASI DOMINASI MEDIA DALAM DAKWAHTAINMENT( Studi Program Dakwah “Islam Itu Indah” TRANS TV). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
NUR ALFATININGSIH_SOSIOLOGI_FIS_SKRIPSI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana proses produksi program ̳Islam Itu Indah‘di TRANS TVyang merujuk padabentukkomodifikasikonten, komodifikasi khalayak, dan komodifikasi pekerjayang terjadi dalam penayangan program. Selain itu juga membahas bagaimana narasumber dakwah program ―Islam Itu Indah‖ di TRANS TVsebagai komoditas pekerja dakwahtainment. Selanjutnya menjelaskan tentang relasi dominasi dalam Dakwahtainment program ceramah ―Islam Itu Indah‖ dan refleksi sosiologis dakwah, industri media dan pembangunan masyarakat.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatifdengan metode studi kasus. Data penelitiandiperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan subjek penelitian tiga tim produksi program dan empatnarasumber dakwahprogram ̳Islam Itu Indah‘di TRANS TV. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan secara terstruktur dan tidak terstuktur. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi literatur, internet, dan studi pustaka lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Penelitian ini berusaha menjelaskan hubungan antar aktor dalam dakwahtainment program ―Islam Itu Indah‖ di TRANS TV.Berdasarkan temuan data yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya dominasi media terhadap pekerja dakwahtainment (narasumber ceramah) dalam produksi program religi ̳Islam Itu Indah‘di TRANS TVyang terbentuk dari proses produksi program. Terdapat temuan dalam tiga bentuk komodifikasi menurut Moscodalam bukunya tahun 2009 yaitu komodifikasi khalayak, Komodifikasi konten, dan komodifikasi pekerja. Media menjual konten sebagai produk kepada khalayak. Khalayak dapat menguntungkan pengiklan dengan rating.Terakhir, pengiklan menjual iklan sebagai capital.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Abdi Rahmat, M.Si ; 2). Dra. Rosita Adiani, M.A
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 26 Sep 2020 18:13
Last Modified: 26 Sep 2020 18:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11158

Actions (login required)

View Item View Item