HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PEMAHAMAN EKSTRAKURIKULER ROHANI ISLAM DENGAN KARAKTER SISWA(Studi Korelasional pada siswa kelas VII dan VIII anggota ekstrakurikuler Rohani Islam di SMPN 119 Jakarta)

Nurkhasanah, . (2016) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PEMAHAMAN EKSTRAKURIKULER ROHANI ISLAM DENGAN KARAKTER SISWA(Studi Korelasional pada siswa kelas VII dan VIII anggota ekstrakurikuler Rohani Islam di SMPN 119 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Nurkhasanah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Abstrak.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data akurat mengenai hubungan antara persepsi siswa tentang pemahaman ekstrakurikuler rohani Islam dengan karakter siswa kelas VII dan VIII anggota ekstrakurikuler rohani Islam di SMPN 119 Jakarta. Penelitian inidilakukan mulai bulan Februari -April 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metodekuantitatif, dengan teknik korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII anggota ekstrakurikuler rohani Islam di SMPN 119 Jakarta. Dari jumlah populasi terjangkau diambil 63 responden yang diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Proportionate Stratified Random Sampling (Sampel Acak dengan proporsional tingkatan).Hasil penelitian ini memiliki persamaan regresi linier sederhana Ŷ = 32,04 + 0,655985 X. Koefisien korelasi product moment dari Pearson diperoleh rxy(rhitung) = 0,529 berdasarkan kategori pengujianrhitung> rtabel(0,529 > 0,2480). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yangpositif antara variabel X(Persepsi siswa tentang pemahaman ekstrakurikuler rohani Islam)dengan variabel Y(Karakter siswa).Dari perhitungan uji-t diketahui thitung (4,865785) > ttabel(1,670), maka terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y.Berdasarkan hasil perhitungan pula didapat koefisien korelasi sebesar 0,279 dengan koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 27,9%.Kesimpulan penelitian adalah terdapat hubungan yang positif antara persepsi siswa tentang pemahaman ekstrakurikuler rohani Islam dengan karakter siswa pada siswa kelas VII dan VIII anggota ekstrakurikuler rohani Islam di SMPN 119 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Budiaman, M.Si. ; 2). Bambu Segara, S.Sos.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 28 Sep 2020 14:09
Last Modified: 28 Sep 2020 14:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11169

Actions (login required)

View Item View Item