EKA SARASWATI, . (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN MENGGUNAKAN MATA UANG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA MONOPOLI PADA PESERTA DIDIK DENGAN GANGGUAN INTELEKTUAL RINGAN KELAS VIII (Penelitian Tindakan Kelas di SMPLB C Asih Budi Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text
SKRIPSI EKA SARASWATI.pdf Download (7MB) |
|
Text
jurnal eka saraswati.pdf Download (191kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan menggunakan mata uang dengan penggunaan media monopoli pada peserta didik gangguan intelektual ringan kelas VIII di SMPLB C Asih Budi Jakarta Timur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan sebanyak dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pada siklus I diperoleh rata-rata persentase 55% dan belum memenuhi target yang ingin dicapai peneliti, maka dilanjutkan ke siklus II. Setelah diberikan tindakan pada siklus II diperoleh rata-rata 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media monopoli dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan menggunakan mata uang pada peserta didik dengan gangguan intelektual ringan kelas VIII SMPLB yang diperoleh dari data hasil analisis pada saat pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan perolehan skor pada saat evaluasi. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pendidik untuk menggunakan media pembelajaran yang kreatif salah satunya adalah penggunaan media monopoli dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Ibrahim Abidin, M. Pd ; 2). Indra Jaya, M. Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:03 |
Last Modified: | 05 Nov 2019 11:03 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1117 |
Actions (login required)
View Item |