PERAN PANTI ASUHAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SOSIALMELALUI PROGRAM AKSES PENDIDIKAN(Studi Pada 5Anak Keluarga Miskin di Panti Asuhan Putra Nusa-Putra, Pejompongan, Jakarta Pusat)

Nurul Widyaningsih, . (2016) PERAN PANTI ASUHAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SOSIALMELALUI PROGRAM AKSES PENDIDIKAN(Studi Pada 5Anak Keluarga Miskin di Panti Asuhan Putra Nusa-Putra, Pejompongan, Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI Nurul Widyaningsih 4825122480.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana Panti Asuhan Putra Nusa-Putra berperan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan anak keluarga miskin melalui program akses pendidikan. Dengan mengkaji bagaimanapelaksanaan program-program pelayanan tersebut dijalankan sertaapa faktorpendukung dan penghambat yang dihadapinya.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Dalam penelitian ini, subjek penelitian terdiri dari 14 orang informan. Informan tersebut terbagi menjadi dua kategori yaknipihak pengurus dan pegawai PantiAsuhan Putra Nusa-Putra sebagai pihak yang menjalankan pelayanan dan pihak anak asuh, alumni panti serta keluarganya sebagai pihak penerima manfaat dari program yang disediakan oleh Panti Asuhan Putra Nusa-Putra. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan konsep yang berkaitan dengan kesejahteraan sosial, pendidikan sebagai sarana meningkatkan kesejahteraan sosial dan konsep-konsep lembaga panti asuhan.Berdasarkan datapenelitian menunjukan bahwa panti asuhan sebagai sebuah usaha kesejahteraan sosial di zaman sekarang ini telah mengalami pergeseran fungsi. Panti asuhan yang semula merupakan lembaga yang menampung anak yatim piatu sekarang lebih berperan sebagai lembaga penyedia akses pendidikan bagi anak keluarga miskin. Program akses pendidikanmerupakan salah satu program yang paling diupayakan pelaksanaannya oleh panti mengingat akses pendidikan itu sendiri merupakan salah satu sarana untuk dapat meningkatkan kesejahteraan sosial bagi anak keluarga miskin. Dalam melakukan upayanya meningkatkan kesejahteraan sosial anak keluarga miskin melalui program akses pendidikan, terdapat faktor pendukung dan penghambat yang dialami oleh panti. Faktor pendukung tersebut di antaranya adalah masih banyaknya masyarakat yang memberikan sumbangannya ke panti ini sehingga panti jarang mengalami kesulitan dana untuk membiayai akses pendidikan anak asuhnya. Sedangkan salah satu faktor penghambatnyaadalahjumlah anak yatim piatu yang ditampung di panti ini lebih sedikit dari anak keluarga miskin padahal fungsi utama sebuah panti asuhan adalah menampung anak yatim-piatu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Syaifudin, S.Pd, M.Kesos ; 2). Dian Rinanta Sari, S.Sos, M.Ap
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 28 Sep 2020 15:38
Last Modified: 28 Sep 2020 15:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11176

Actions (login required)

View Item View Item