PENCEGAHAN KONFLIK SOSIAL MELALUI PROGRAM KESERASIAN SOSIAL(Studi Kasus: Desa Sukaresmi, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi)

Putri Melati Ilandia, . (2016) PENCEGAHAN KONFLIK SOSIAL MELALUI PROGRAM KESERASIAN SOSIAL(Studi Kasus: Desa Sukaresmi, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover (2).pdf

Download (29kB)
[img] Text
Skripsi BAB 1-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (902kB)
[img] Text
Skripsi depan.pdf

Download (64kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan utntukmendeskripsikan bagaimana ProgramKeserasian Sosial yang di berikanoleh Kementerian Sosial RI dapatmemberikanpencegahan konflik sosial pada Desa Sukaresmi. Dengan melihat faktor-faktorpenyebab konflik di Desa Sukaresmi,peran pemerintah, aparat setempat, dan tokohmasyarakat dalam penanganan konflik-konflik yang terjadi di Desa Sukaresmi,diharapkan konflik-konflik yang terjadi tidak akan terulang kembali.Penelitian dilakukan di Desa Sukaresmi, Kec. Cisaat, Kab. Sukabumi. Dalammemperoleh data, penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif,melalui wawancara mendalamdilakukan pada 5 orang informan yang terdiri dariKepala Urusan pemerintahan Desa Sukaresmi, Ketua Forum Keserasian Sosial DesaSukaresmi, Penanggung Jawab Program Keserasian Sosial Desa Sukaresmi, KetuaSubdit 1 Direktorat Perlindungan Korban Bencana Sosial, dan Staff Subdit 1Direktorat Perlindungan Korban Bencana Sosial. Pemilahan informan dilakukanberdasarkan kapasitas data yang di miliki informan. Juga dilakukanstudi pustaka,serta observasi langsung.Berdasarkandata yang berhasil dikumpulkan,Penyelesaian konflik sosial diDesa Sukaresmi dilakukan oleh Pemerintah Setempat dengan bekerjasama dengantokoh masyarakat. Adanya konflik besar yang terjadi pada tahun 2013, membuatDesa Sukaresmi mendapatkan bantuanpencegahan konflikdari pemerintah denganbentuk Program Keserasian sosial.Terdapat dua faktor kerentanankonflik, yaituadanya faktor lingkungan sosialdengan budaya jawara, danfaktor keterbatasan aksespendidikan bagimasyarakat Desa Sukaresmi.Dengan perspektif Fungsionalismekonflik, Konflik yang terjadi pada masyarakat, menguatkan peran struktursosialmasyarakat.Untuk itu,bentuk Program Keserasian Sosial yang disepakati masyarakatDesa Sukaresmi adalah gedung serbaguna yang bertujuan memberikan saranakegiatan bagi para pemuda untuk mencegah terjadinyapengulangankonflik.ProgramKeserasian Sosial memiliki dua fungsi yakni resolusi konflik dengantahapanpeacemaking,peacekeeping,peacebuilding.Analisis SWOT juga dilakukan untukmelihat kelebihan dan kekurangan program.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dian Rinanta Sari, S.Sos, M.Ap ; 2). Abdul RahmanH, SH, MH
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 30 Sep 2020 14:31
Last Modified: 30 Sep 2020 14:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11190

Actions (login required)

View Item View Item