POLA PERILAKU BELAJAR SEJARAH PADA SISWA SMA NEGERI 53 JAKARTA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

Ratna Margiati, . (2016) POLA PERILAKU BELAJAR SEJARAH PADA SISWA SMA NEGERI 53 JAKARTA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Ratna Margiati (4415122369).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan fenomenapola perilaku belajar sejarah pada siswa SMA Negeri 53 Jakarta dalam Pembelajaran Sejarah. Penelitian ini dilakukandi SMA Negeri 53 Jakarta selama tiga bulan dari bulan Maret-Mei 2016. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, penelitian ini mencoba menjelaskan apa yang terjadi dibalik fenomena tersebut. Sumber data yang dipergunakan dalam penelitian ini terdiri dari informan kunci dan informan inti. Informan kunci adalah guru sejarah peminatan kelas X IIS SMA Negeri 53 Jakarta karena beliau adalah guru pengampu mata pelajaran sejarah peminatan dikelas X IIS. Sedangkan informan intinya adalah siswa siswi kelas X IIS 1 sampai dengan X IIS 3. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi yang dilakukan penelitipada siswa kelas X IIS dalam pembelajaran sejarah. Wawancara dilakukan dengan menggunakan petunjuk umum. Peneliti menggunakan teknik kalibrasi data dengan triangulasi data. Teknik analisis data terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.Hasil penelitian ini menemukandata-data pola perilaku belajar sejarah pada siswa yaitusiswa tidak diingatkan untuk membaca buku teks, siswa tidak berdiskusi,dansiswa tidak bertanya.Hal ini di sebabkan dalam pembelajaran guru tidak menginformasikan diwal pembelajaran siswa harus mempunyai buku, siswa dalam berdiskusi tidak didampingi oleh guru dan guru hanya hadir dikelas selama satu jam mata pelajaran dari tigajam mata pelajaran yang ditentukan.Faktor penyebab munculnya pola perilaku belajarsinyal(signal learning)adalah minat dan motivasi dari diri siswa, kurangnya motivasi baik dari lingkungan keluarga maupun dari guru disekolahannya, guru sebagai pendidik siswa juga kurang dalam melaksanakan pengajaran di dalam kelas sehingga siswa menanggapi dengan santai juga, serta sarana dan prasarana dalam menunjang proses belajar tidak ada yaitu siswa tidak mempunyai buku pake sejarah peminatan. Sehingga siswa menggunakan sumber belajar internetuntuk mencari materi sejarah peminatan. iiBerdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa banyak siswa yang tidak membaca buku teks,siswa juga tidak aktif bertanya, sehingga rata-rata siswa dikelas X IIS itu rata-rata polaprilaku belajarnya adalah tipe belajar sinyal (Signal Learning)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Djunaidi, M.Hum ; 2). Sri Martini,S.S., M.Hum
Subjects: Ilmu Sejarah > Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 30 Sep 2020 16:12
Last Modified: 30 Sep 2020 16:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11199

Actions (login required)

View Item View Item