IMPLEMENTASI KOMPETENSI KEPRIBADIAN PADA MAHASISWA CALON GURU DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI, FAKULTAS ILMU SOSIAL, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Reksa Oktaviani, . (2016) IMPLEMENTASI KOMPETENSI KEPRIBADIAN PADA MAHASISWA CALON GURU DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI, FAKULTAS ILMU SOSIAL, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Implemetasi Kompetensi Kepribadian Pada Mahasiswa Calon Guru Prodi Geografi, FIS, UNJ.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kompetensi kepribadian pada mahasiswa calon guru di Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di Kampus A Universitas Negeri Jakarta pada bulan Febuari 2016 -Juni 2016. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Pendidikan Geografi; Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta pada tahun 2016 yang sudah melaksanakan PKM dan PPL. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Accidental Sampling.Jumlah sampel sebanyak 66 responden dengan menggunakan rumus slovin. Pengumpulan data dilakukan dnegan wawancara yang mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam validitas data adalah dengan didukung oleh teman sejawat.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwamahasiswa calon guru di Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta dapat mengimplementasikan kompetensi kepribadian guru sebanyak enam sub indikator dari sepuluh sub indikator kompetensi kepribadian guru. Mahasiswa calon guru di Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Univesritas Negeri Jakarta dapat mengimplementasikan kompetensi kepribadian guru pada sub indikator sikap sesuai dengan norma hukum, sikap sesuai dengan norma sosial, pribadi yang mandiri, keterbukaan dalam berpikir dan bertindak, perilaku yang dapat diteladani, dan sikap bertindak sesuai norma religius. Mahasiswa calon guru di Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta lemah dalam mengimplementasikan kompetensi kepribadian guru pada sub indikator bangga menjadi guru, kestabilan emosi, memiliki pribadi yang baik dan, menampilkan tindakan yang bermanfaat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sucahyanto, M.Si ; 2). Dr. Muzani, Dipl-Eng, M.Si
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 30 Sep 2020 16:32
Last Modified: 30 Sep 2020 16:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11201

Actions (login required)

View Item View Item