STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DA’I DALAM MENINGKATKAN SPIRITUALITAS NARAPIDANA(Studi Kasus di Rumah Tahanan Negara Wanita Kelas II A Jakarta Timur)

Retno Damayanti, . (2016) STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DA’I DALAM MENINGKATKAN SPIRITUALITAS NARAPIDANA(Studi Kasus di Rumah Tahanan Negara Wanita Kelas II A Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_RETNO DAMAYANTI (PDF).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi interpersonal da’i dalam meningkatkan spiritualitas narapidana dengan cara mendeskripsikan dan menganalisisnya serta untuk mengetahui efektivitas yang dihasilkan dari penggunaan strategi komunikasi yang dilakukan oleh da’i.Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori yang diungkapkan oleh Cutlip dan Centermengenai tahapan yang harus dilakukan sebelum melakukan komunikasi, agar komunikasidapat berjalan secara efektif. Tahapan yangdigunakan yaitu: fact finding, planning, communicating, dan evaluation.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data penelitian ini adalah melalui pengamatan atau observasi, wawancara, membuat catatan harian, mengumpulkan arsip-arsip yang berhubungan dengan konteks penelitian.Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan oleh da’i dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu strategi komunikasi pada berdakwah dan strategi komunikasi interpersonal, yaitu pada saat kegiatan konseling, membaca Iqra dan Al-Quran, setoran hapalan surat pendek, dan privat ngaji. Dari kedua macam strategi komunikasi tersebut, terdapat empat tahapyang dilakukan oleh dai sebelum melakukan komunikasi, yang tahap yang pertama fact finding(mencari data)yaitu biasanya da’i melihat dari karakteristik mad’unya, yang kedua planning(perencanaan)yaitu mengenai materi dan metode yang akan digunakan, yang ketiga communicating(proses berlangsungnya komunikasi)yaitu cara yang dilakukan da’i pada saat komunikasi berlangsung, dan yang terakhir evaluation (evaluasi)yaitu mengkaji dan menilai mengenai efektivitas komunikasi yang sudah dilakukan. Efektivitas strategi komunikasi dapat dilihat melalui perkembangan spiritualitas dari narapidana, diantaranya mengenai arah dan tujuan hidupnya, bertambahnya pengetahuan agama setelah mengikuti pengajian, dan kemampuan dalam membaca Iqra dan Al-Quran yang semakin berkembang terutama dalamhalilmu Tajwid.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Sari Narulita, Lc., M.Si ; 2). Dr. Andy Hadiyanto, MA
Subjects: Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 02 Oct 2020 10:06
Last Modified: 02 Oct 2020 10:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11219

Actions (login required)

View Item View Item