PERBEDAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN SEJARAH DAN GURU BERLATAR BELAKANG NON PENDIDIKAN SEJARAH: STUDI KASUS DI SMA NEGERI 6 TAMBUN SELATAN

Riasi Novita, . (2016) PERBEDAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN SEJARAH DAN GURU BERLATAR BELAKANG NON PENDIDIKAN SEJARAH: STUDI KASUS DI SMA NEGERI 6 TAMBUN SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul perbedaan kompetensi pedagogik guru berlatar belakang pendidikan sejarah dan guru berlatar belakang non pendidikan sejarah SMA Negeri 6 Tambun Selatanini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana kompetensi pedagogik guru berlatar belakang pendidikan sejarah dan guru berlatar belakang non pendidikan sejarah di SMA Negeri 6 Tambun Selatan.Penelitian dilakukan dikelas X, XI dan XII sedangkan waktu pelaksanaaan penelitian dimulai pada bulan Oktober-Februari 2016.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data diperoleh dari hasil observasi di dalam kelas dan wawancara mendalam dengan guru mata pelajaran sejarah dan siswa di SMA Negeri 6 Tambun Selatan. Pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh selama penelitian kemudian diolah dan dianalisis menggunakan teknik analisis data model interaktif Milles dan Hubermanuntuk mendapatkan kesimpulan yang benar.Hasil penelitian menunjukan bahwakedua guru yang memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda namun mengampu mata pelajaran yang sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing pada kompetensi pedagogiknya. Selain itu banyak faktor yang mempengaruhi kompetensi pedagogik kedua guru ini baik secara internal maupun eksternal, misalnya kurangnya sarana dan prasarana, sumber belajar yang hanya menggunakan LKS, serta alokasi waktu pelajaran yang sedikit dapat menghambat kompetensi yang dimiliki kedua guru ini. Persamaan yang dimiliki kedua guru ini antara lain sama-sama menguasai materi pelajaran, memiliki kendala sarana dan prasarana sekolah yang kurang memadai, rancangan pembelajaran silabus dan RPP secara komponen sudah baik namun secara metode dan media belum memperhatikan karakter siswa yang berbeda-beda, serta program remedial yang merupakan salah satu bagian dari pengembangan peserta didik yang dilakukan kedua guru juga belum tepat. Hal ini menunjukan, walaupun kedua guru sama-sama menguasai materi bidang studi dengan baik namunseorang guru yang mengajar sesuai dengan bidang studinyamemiliki nilai tambah tersendiri, diantaranyamampu menjadi pencerita yang baik serta setiap uraian materi yang diberikan selalu dikaitkan dengan penanaman nilai sejarah seperti nilai nasionalisme sehinggahal tersebutdapat menarik minat siswa pada mata pelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. R. Wisnubroto, M.Pd ; 2). Kurniawati, S.Pd, M.Si
Subjects: Ilmu Sejarah > Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 02 Oct 2020 16:25
Last Modified: 02 Oct 2020 16:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11226

Actions (login required)

View Item View Item