KONTRIBUSI ROHIS DALAM PEMBENTUKAN IDENTITAS DIRI REMAJA MUSLIM (STUDY KASUS DI SMAN 26 JAKARTA)

RIZKI KRISTIANINGRUM, . (2016) KONTRIBUSI ROHIS DALAM PEMBENTUKAN IDENTITAS DIRI REMAJA MUSLIM (STUDY KASUS DI SMAN 26 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (130kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (64kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (120kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN..pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan dan menganalisis kontribusi Rohis dalam pembentukan identitas diri remaja muslim. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian lapangan (field research). Data-datadalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, study pustaka, dan analisa dokumentasi. Penelitian ini di lakukan di SMAN 26 Tebet Jakarta Selatan, dengan jumlah responden 10% dari jumlah anggota Rohis, yaitu 10 orang dan 2 orang pembina Rohis. Di lakukan wawancara mendalam kepada responden mengenai Rohis dan dampak dari kegiatan pembinaannya bagi anggota Rohis. Penelitian ini menunjukkan bahwa adanya kontribusi/ sumbangsih dari Rohis dalam membantu sekolah untuk mewujudkan visi dan misi SMAN 26 Jakarta yaitu unggul dalam prestasi dan berakhlaq mulia, dan meningkatkan keimanan, dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Tidak hanya membantu sekolah dalam rangka mewujudkan visi & misi nya. Akan tetapi membantu sekolah juga dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran PAI dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Karena di dalam kegiatan-kegiatan Rohis terdapat ketiga ranah tersebut. Seperti, pendalaman materi agama Islam, pelaksanan ibadah seperti shalat dan baca Qur’an, di bina untuk menjadi muslim berakhlak terpuji, serta siswa di ajarkan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan keIslaman, seperti menjadi panitia Idul Adha. Selanjutnya adanya Rohis di lingkup sekolah juga membantu program-program kerja sekolah dalam bidang keagamaan, yaitu penyelenggaraan peringatan hari besar Islam (PHBI), seperti Isra mi’raj, maulid, penyelengaraan pesantren kilat pada bulan Ramadhan,dan penyelenggaraan kegiatan Idul Adha.Rohis juga mempunyai kontribusi pada pembentukan identitas diri remaja muslim dilihat dari hasil peneliitian yang dilakukan dengan metode wawancara dan observasi langsung kepada pembina Rohis dan 10 responden anggota Rohis, bahwa menunjukkan perubahan yang di alami oleh responden setelah mengikuti kegiatan pembinaan dan dauroh Tarqiyah di Rohis dengan 6responden merasa berubah dengan mengikuti kegiatan-kegiatan Rohis, sedangkan 4responden merasa cukup berubah dari sebelum ikut Rohis sampai pada mengikuti kegiatan-kegiatan Rohis. Perubahan tersebut meliputi ibadah, akhlak serta prestasi akademik maupun non akademik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Izzatul Mardhiah, M.A ; 2). Firdaus Wajdi, S.Th.I, M.A
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 02 Oct 2020 18:09
Last Modified: 02 Oct 2020 18:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11235

Actions (login required)

View Item View Item