IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DALAM KAITANNYA DENGAN STAKEHOLDER SEKOLAH Studi di SMAN 71 Jakarta

Rizky Diannisa, . (2016) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DALAM KAITANNYA DENGAN STAKEHOLDER SEKOLAH Studi di SMAN 71 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
RIZKY DIANNISA - IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DALAM KAITANNYA DENGAN STAKEHOLDER SEKOLAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan proses kesiapan guru dalam mengimplementasikan penilaian autentik dan membahas mengenai implikasi penilaian autentik kaitannya dengan stakeholdersekolah Implementasi penilaian autentik ini merupakan salah satu fenomena sosial yang perlu dikaji. Sesuai kenyataan di lapangan dalam mengimplementasikan penilaian autentik terdapat suatu masalah yang berasal dari kesiapan gurunya.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Peneliti melakukan observasi ke lapangan untuk menggali lebih dalam mengenai kesiapan guru dalam melaksanakan penilaian autentik, selain itu peneliti juga ingin mengetahui dampak penilaian autentik terhadap stakeholdersekolah. Penelitian ini dilakukan dari bulan januari 2016 hingga juli 2016. Peneliti melakukan wawancara kepada tiga informan kunci yang terdiri dari guru mata pelajaran di SMAN 71 Jakarta. Untuk menguji keabsahan data peneliti juga melakukan triangulasi data internal kepada wakil kepala sekolah SMAN 71 Jakarta dan triangulasi data eksternal dengan Pengawas SMAN 71 Jakarta, dan Orangtua murid SMAN 71 Jakarta.Hasil Penelitian menunjukan bahwa dalam melaksanakan penilaian autentik, guru belum sepenuhnya siap melakukan penilaian autentik. Pada pelaksanaanya, guru masih belum menjalankan penilaian sesuai dengan kurikulum 2013. Kondisi ini didasarkan pada hasil wawancara dilihat dari kedua guru tersebut, mereka tidak membuat instrumen penilaian sesuai dengan ketentuan kurikulum 2013. salah satu guru sudah mempersiapkan instrumen penilaian dengan baik tetapi pada pelaksanaanya, tidak semua ia terapkan, karena keterbatasan waktu dalam menerapkan penilaian tersebut. Selain itu adanya stakeholdersekolah sangat berpengaruh bagi kinerja komponen-komponen lain dalam sistem, karena setiap komponen memiliki tugas masing-masing dalam menjalankan sistem penilaian autentik tersebut

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eman Surachman, MM ; 2). Ahmad Tarmiji, M.Si
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 02 Oct 2020 18:56
Last Modified: 02 Oct 2020 18:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11238

Actions (login required)

View Item View Item