Rizky Muhammad, . (2016) PERSEPSI GURU SEJARAH TENTANG KELOMPOK PEMINATAN (Studi Deskriptif SMAN 2, 3, 8 di Kecamatan Bekasi Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Rizky - 4415096783.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenaipersepsi guru Sejarah tentang Kelompok Peminatan pada SMA Negeri diKecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Tempat Penelitian dilakukan di SMANegeri 2 , 3, 8 Kota Bekasi dan waktu penelitian mulai dari bulan September 2015sampai Juni 2016. Metode Penelitian ini menggunakan metode deskriptifkuantitatif dengan teknik sampel kluster area.Populasi penelitian ini adalah guru sejarah SMA Negeri 2, 3, 8 diKecamatan Bekasi Selatan yang berjumlah 10 orang. Sampel yang digunakanadalah seluruh jumlah dari populasi 3 SMA Negeri di Kota Bekasi. Teknikpengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Analisis datamenggunakan analisis deskriptif, berupa tabel frekuensi dan persentase.Dari pengumpulan dan analisis data, diperoleh hasil penelitian sebagaiberikut : pertama, dari segi tujuan pembelajaran, mayoritas responden telahmelaksanakan tujuan dari kelompok peminatan, hal tersebut dibuktikan olehresponden dengan mampu menciptakan situasi belajar yang nyaman danmengkaitkan dengan kehidupan sehari-hari.Kedua, dari segi ruang lingkup materi, mayoritas responden jugaberpendapat telah melakukan penguatan dalam ruang lingkup materi, yaitudibuktikan oleh responden dengan menjawab memperhatikan semua siswa,memancing siswa untuk bertanya dan merespon dengan baik pertanyaan siswa.Ketiga, dari segi media, mayoritas responden menjawab relevan denganindikator RPP, menarik perhatian dan sesuai dengan metode pembelajaran.Keempat, dari segi metode, mayoritas responden menjawab meningkatkanaktivitas siswa, bervariasi, dan meningkatkan interaktif siswa.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa persepsiyang dimiliki oleh guru sejarah tentang kelompok peminatan ialah telah mampumenerapkan tujuan, ruang lingkup materi, media dan metode. Namun ada ivsebagian guru yang mengalami kesulitan tersebut disebabkan tidak adanyainteraksi yang baik antara guru dengan siswa serta banyaknya pelanggarandisiplin yang dilakukan siswa di kelas.Dibuktikan oleh responden dengan menjawab memperhatikan semuasiswa, memancing siswa untuk bertanya dan merespon dengan baik pertanyaansiswa. Ketiga, dari segi media, mayoritas responden menjawab relevan denganindikator RPP, menarik perhatian dan sesuai dengan metode pembelajaran.Keempat, dari segi metode, mayoritas responden menjawab meningkatkanaktivitas siswa, bervariasi, dan meningkatkan interaktif siswa.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa persepsiyang dimiliki oleh guru sejarah tentang kelompok peminatan ialah telah mampumenerapkan tujuan, ruang lingkup materi, media dan metode. Namun adasebagian guru yang mengalami kesulitan tersebut disebabkan tidak adanyainteraksi yang baik antara guru dengan siswa serta banyaknya pelanggarandisiplin yang dilakukan siswa di kelas
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Djunaidi, M.Hum ; 2). Nur’aini Martha, S.S., M.Hum |
Subjects: | Ilmu Sejarah > Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 02 Oct 2020 19:30 |
Last Modified: | 02 Oct 2020 19:30 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11239 |
Actions (login required)
View Item |