PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian Tindakan Kelas pada SiswaKelas XI IPA 5SMA Labshcool Jakarta)

Selly Nita Sari, . (2016) PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian Tindakan Kelas pada SiswaKelas XI IPA 5SMA Labshcool Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Selly Nita Sari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar Pendidikan Agama Islam melalui metode problem solving.Penelitian ini dilaksanakn di SMA Labschool Jakarta pada semester II Tahun Pelajaran 2015-2016, dengan jumlah siswa kelas XI IPA 5 sebanyak 36 siswa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus dariKemmis dan Taggart. Pada penelitian siklus I untuk meningkatkan minatdengan menggunakan metode problem solving digunakan cara menganalisis film yang berjudul 99 Cahaya di Langit Eropa, diperoleh data sebesar 66,63%. Penelitian siklus II untuk meningkatkan minat dengan menggunakan metode problem solving digunakan cara membuat mind mapping tentang Perkembangan Peradaban Islam pada masa Kejayaan, data yang diperoleh meningkat menjadi73,33%. Terakhir yaitu tindakan pada siklus III untuk meningkatkan minat dengan menggunakan metode problem solving digunakan cara membuat makalah tentang Peradaban Islan pada masa modern, data yang diperoleh meningkat dari siklus sebelunya menjadi 83,33%.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa salah satu metode pembelajaran yaitu metode problem solving dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.Hal ini terlihat dari rasa senang siswa saat mengikuti pelajaran, ketertarikan siswa untuk mempelajari PAI, perhatian siswa saat guru sedang menjelaskan, dan keterlibatan atau partisipasi siswa dalammenyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Firdaus Wajdi, S.Th.I., MA., ; 2). Rudi Barnansyah M. Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 04 Oct 2020 11:24
Last Modified: 04 Oct 2020 11:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11244

Actions (login required)

View Item View Item