STRATEGI NAFKAH BURUH KONTRAK DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN HIDUP(Studi Kasusdi RW 009 Kampung Kongsi,Kec. Cikarang Utara Kab. Bekasi)

Selly Selvia Oktaviani, . (2016) STRATEGI NAFKAH BURUH KONTRAK DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN HIDUP(Studi Kasusdi RW 009 Kampung Kongsi,Kec. Cikarang Utara Kab. Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI Selly Selvia Oktaviani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Strategi Nafkah Buruh Kontrakdalam Memenuhi Kebutuhan Hidupdi RW 009 Kampung Kongsi, Kec.CikarangUtara Kab. Bekasi. Penelitian ini ingin memberikan pengetahuan tentang masalah-masalah yang dialami olehburuh kontrakperempuan, baik masalah sosial, ekonomi maupun psikologisdan strategi nafkah yang dimiliki oleh buruh pabrik untuk memenuhi kebutuhan hidup. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dimana peneliti menggunakan teknik wawancara langsung dan dokumentasiagar menunjang penelitian yang akan dikaji atau di bahas.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain deskriptif, yang mencoba berusaha menggambarkan fenomena masalah-masalah yang dihadapi oleh buruh kontrak dan buruh kontrakdalam memenuhi kebutuhan hidup dengan menggunakan strategi nafkah atau strategi penghidupan. Data penelitian yang diperoleh melalui observasi dan wawancara mendalam serta tidak terstrukturdengan para buruh kontrak RW 009 Kampung Kongsi, Kec.CikarangUtara.Jumlah buruh kontrak yang diwawancarai yaitu enam informan.Karakteristik informan buruh kontrak berbeda-beda, tiga informan belum menikah dan tiga informan sudah menikah namun belum memiliki anak. Dari hasil observasi tersebut dapat dilihat bahwaburuh kontrak menghadapimasalah-masalah sehingga harus mencari cara untuk memenuhikebutuhan yang harus dipenuhi maka mereka lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bekerja dan lebih mementingkan dalam segi ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Secara sosial banyaknya waktu yang dihabiskan untuk bekerja maka sosialisasi dengan masyarakat sekitar tidak terlalu diperhatikan danburuh kontrak perempuan juga memiliki masalah secara psikologis dimanaburuh kontrak perempuan mengalami kesulitandalam masalah hiburan.Buruh kontrak dalam mengatasi masalah danmemenuhi kebutuhan hidupmelalui modal manusia, modal fisik, modal sosial dan modal finansial sehingga buruh kontrak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya yang dimiliki oleh buruh kontrak. Dalam mewujudkan pemenuhan kebutuhan hidup tersebut melalui tiga aspek yaitu, aspek ekonomi, aspek sosial dan aspek psikologis. Aspekekonomi yakni dengan lembur kerja, menekan pengeluaran seminim mungkin, usaha sampingan dan menabung; aspeksosial yakni memperoleh kasih sayang, pesahabatan, dan pengakuan dari keluargaserta rekan kerja; dan aspekpsikologis yakni dengan mendapatkan harga diri dan penghiburan dari keluarga serta rekan kerja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rusfadia Saktiyanti J,M.Si ; 2). Abdul Rahman Hamid, SH., MH
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: hartati tati
Date Deposited: 04 Oct 2020 11:35
Last Modified: 04 Oct 2020 11:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11245

Actions (login required)

View Item View Item