PENGARUH KEPEMIMPINAN SITUASIONAL TERHADAP DISIPLIN KERJA KARYAWAN( Studi Kasus : Sekretariat Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial, Kementerian Sosial)

SITI CHAIRUN NISA, . (2016) PENGARUH KEPEMIMPINAN SITUASIONAL TERHADAP DISIPLIN KERJA KARYAWAN( Studi Kasus : Sekretariat Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial, Kementerian Sosial). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (446kB)
[img] Text
Penelitian Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fakta empiris yang menyebutkan bahwa baik dan buruknya faktor kepemimpinan situasional akan berpengaruh terhadap disiplin kerja karyawan. Tujuanpenelitian iniuntuk mengetahui apakah terdapatpengaruh dari kepemimpinan situasionalterhadap disiplin kerja karyawan di Sekretariat Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial, Kementerian Sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey sampling. penelitian ini merupakan penelitian cross sectional karena hanya meneliti satu bagian dari suatu populasi dalam satu waktu tertentu selain itu juga penelitian ini hanya berlangsung selama sekitar 30 hari yang dimulai dari Desember –Januari 2016. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan angket/kuesioner yang berisi daftar pertanyaan bersifat tertutup yang setiap pertanyaan disediakan alternatife jawaban dalam skala likert, dan dilakukan juga observasi secara langsung ke tempat penelitian untuk melengkapi data.Hasil penelitian berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dari kepemimpinan situasional terhadap disiplin kerja karyawan pada Sekretariat Dirjen Rehabilitasi Sosial, Kementerian sosial. Hal ini didukung oleh Koefisien korelasi variabel kepemimpinan situasional dengan variabel disiplin kerja karyawan sebesar 0,789 yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari kepemimpinan situasional terhadap disiplin kerja yang kuat dan searah, Koefisien Determinasi ( R² ) sebesar 0,623 sehingga dapat diketahui bahwa disiplin kerja karyawan dapat ditentukan oleh kepemimpinan situasional sebesar 62,3 % sedangkan sisanya ( 100 –62,3) 37,7 % ditentukan oleh faktor lain selain kepemimpinan situasional dan Hasil uji signifikansi koefisien korelasi dapat dikatakan signifikan jika thitung > ttabel. Pada penelitian ini diperoleh nilai thitung sebesar 6,796. Nilai ttabel pada penelitian ini adalah 0,463. Nilai thitung= 6.796 > ttabel= 0.463 dengan tingkat signifikansi (0.01). Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel kepemimpinan situasional terhadap disiplin kerja sangat signifikan karena nilai thitung jauh lebih besar dibandingkan ttabel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ciek Julyati Hisyam,MM,M.Si ; 2). Dr. Evy Clara, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 04 Oct 2020 12:18
Last Modified: 04 Oct 2020 12:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11248

Actions (login required)

View Item View Item