IMPLEMENTASI KEWIRAUSAHAAN SOSIAL MELALUI PENDIDIKAN LINGKUNGAN(Studi pada Bank Sampah Mandiri RW.03 Kelurahan Malaka Sari, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur)

Sofyan Ali Kurniawan, . (2016) IMPLEMENTASI KEWIRAUSAHAAN SOSIAL MELALUI PENDIDIKAN LINGKUNGAN(Studi pada Bank Sampah Mandiri RW.03 Kelurahan Malaka Sari, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (903kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (397kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (241kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat praktik kewirusahaan sosialdan penanaman pendidikan lingkunganyang dilaksanakan oleh Bank Sampah Mandiri RW.03 Malaka Sari, serta melihat implikasi sosialekonomi yang ada pada masyarakat. Hal yang menarik pada penelitian ini adalah sampah dapat dijadikan sebagai inovasi sosialyang mampu menghasilkan peluang untuk melakukan kewirausahaan sosial, sampah mampu menghasilkan nilai ekonomi jika dipilah dengan baik. Kegiatan ini bertumpu pada pengelolaan sampah berbasis partisipasi masyarakat, sehingga masyarakat mampu untuk menanamkan nilai-nilai dari lingkungan dan mengaplikasikannya dengan mengelola lingkungan secara mandiri.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan berjumlah sembilan orang yang terdiri dari satu inovator dari Bank Sampah Mandiri RW.03 Malaka Sari, empatpengurus inti dari Bank Sampah Mandiri RW.03 Malaka Sari, empatmasyarakat sekitar yang berpartisipasi dalam mengelola sampah di Bank Sampah Mandiri RW.03 Malaka Sari. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi danmenggunakan metodewawancara dan terakhir denganstudi pustaka.Hasil dari penelitian menunjukan bahwa, pendidikan lingkungan yang dilakukan oleh inovator adalah sebuah langkah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan. Praktik kewirausahaan sosial pada Bank Sampah Mandiri RW.03 Malaka Sari pun merupakan langkah lanjutan yang dijadikan misi sosial yang ingin memberikan dampak jangka panjang seperti meminimalisir permasalahan sampah. Implikasi sosial dilihat dari bingkai teori Peter M Blau, bahwa adanya imbalan yang bersifat ekstrinsik yaitu berupa uang untuk berlangsung interaksi antara masyarakat atau nasabah denganBank Sampah Mandiri RW.03 Malaka Sari, implikasi selanjutnya adalah perubahan pola pikir untuk melakukan pemanfaatan sampah pada jangka panjang. Dukungan dari Pemerintah lokalsetempat menjadi semangat dalam melaksanakanprogram-program yangbermanfaat untuk kepentingan masyarakat luas dalam jangka panjang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rusfadia Saktiyanti J, M.Si ; 2). Syaifudin, M.Kesos
Subjects: Geografi, Antropologi > Ilmu Lingkungan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 06 Oct 2020 11:48
Last Modified: 06 Oct 2020 11:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11254

Actions (login required)

View Item View Item