GERAKAN PEDULI LINGKUNGAN (GPL) SEBAGAI AGEN DALAM MENINGKATKAN KESADARAN LINGKUNGAN BERSIH(Studi Kasus : Pengelolaan Sampah di Lingkungan Kompleks Perumahan Pondok Pekayon Indah, Bekasi Selatan)

Sofyan Syarifuddin, . (2016) GERAKAN PEDULI LINGKUNGAN (GPL) SEBAGAI AGEN DALAM MENINGKATKAN KESADARAN LINGKUNGAN BERSIH(Studi Kasus : Pengelolaan Sampah di Lingkungan Kompleks Perumahan Pondok Pekayon Indah, Bekasi Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Abstrak indo.pdf

Download (84kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (19kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (103kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (141kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (158kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (439kB)
[img] Text
skrip full fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuanmengetahui usaha Gerakan Peduli Lingkungan sebagai agen dalam menumbuhkan partisipasi warga terhadap kesadaran lingkungan khususnya masalah sampah. Penelitian ini juga melihat kendala dan keberlanjutan Gerakan Peduli Lingkungan dalam menjalankan program-programnya di warga Kompleks Perumahan Pondok Pekayon Indah.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang bermaksud mendeskripsikan atau menggambarkan suatu fenomena. Penelitian ini menggunakan teori strukturasi Anthony Giddens untuk menganalisis agen dan struktur untuk melihat perubahan yang terjadi di masyarakat. Pengumpulandata menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan yang diwawancara berjumlah 10 orang terdiri dari pengagas, pengelola, dan warga masyarakat. Penelitian ini menjelaskan bagaimana Gerakan Peduli Lingkungan dapat menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. Gerakan Peduli Lingkungan ini digagas oleh seseorang warga yang resah melihat kondisi lingkungannya yang kotor akibat sampah. Gerakan Peduli Lingkungan berupaya menciptakan lingkungan yang bersih dengan adanya program-program mengenai lingkungan. Seperti pemilahan sampah, Kerajinan Tangan, Pengomposan dan lain-lain. Tujuan dari setiap program tersebut umumnya menciptakan lingkungan bersih dan khususnya mengurangi jumlah volume sampah yang dibuang setiap harinya, agar dapat diolah kembali. Keberadaan Gerakan Peduli Lingkungan juga telah mengubahcara pandang masyarakat di Kompleks Perumahan Pondok Pekayon Indah dalam memandangsampah dan lingkungan sekitar. Warga masyarakat pun menerima dengan baik program-program yang dilaksanakan oleh Gerakan Peduli Lingkungan serta mengikutinya dengan antusias.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Abdul Rahman Hamid, SH., MH. ; 2). Ahmad Siswanto, M.Si
Subjects: Geografi, Antropologi > Ilmu Lingkungan
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 06 Oct 2020 12:00
Last Modified: 06 Oct 2020 12:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11255

Actions (login required)

View Item View Item