PENGEMBANGAN PARIWISATA TELAGA REMIS DI DESA KADUELA KECAMATAN PASAWAHAN KABUPATEN KUNINGAN JAWA BARAT

SRI NURHAYANTI, . (2016) PENGEMBANGAN PARIWISATA TELAGA REMIS DI DESA KADUELA KECAMATAN PASAWAHAN KABUPATEN KUNINGAN JAWA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (69kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (160kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB)
[img] Text
11. BAB 1- END.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan pariwisata Telaga Remis di Desa Kaduela,Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengunjung Telaga Remis di Desa Kaduela, penentuan sampel dilakukan dengan teknik sampel aksidentaldengan jumlah sampel 80 pengunjung dari rata-rata jumlah pengunjung perhari, dan 6 pengelola sebagai informan. Analisis yang digunakan adalah deskriptif, penelitian ini meliputi wawancara kepada pengelola tentang pengembangan pariwisata Telaga Remisdi Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Penelitian ini dilaksanakan dari bulanDesember 2015 sampai Juni2016.Berdasarkan datadari 6 pengelola, jumlah kunjungan mengalami peningkatan dan penurunan pada tiap tahunnya, dari tahun 2012 jumlah pengunjung 44.249 orang, lalu pada tahun 2013 menurun menjadi 38.291 orang, tahun 2014 mengalami kenaikan 41.309 orang dan tahun 2015 menurun lagi menjadi 28.114 orang.Pembangunan yang tercapai dari 32 rencana pembangunan yang dibuat pada tahun 2013 hanya 11 yang tercapai, yaitu saung-saung atau pendopo, penginapan atau shelter, lahan parkir, gerbang dan loket masuk, toilet, tempat sampah, musholla, panggung hiburan, papan interpretasi, pembuatan landscaping, danpenambahan tenaga kerja tetap. Sementara itu pengunjung sebagai responden menyatakan telah melakukan kunjungan ke Telaga Remis lebih dari dua kali, kebanyakan tidak mengalami kesulitan saat berkunjung, responden menyatakan tempat parkir yang disediakan memadai, dan tersedia toilet yang bersih, tempat sampah yang disediakan cukup, serta pegawai objek wisata ramah. Responden menyatakan ingin kembali karena berkunjung ke Telaga Remis sangat terjangkau, daya tarik objek wisata Telaga Remis merupakan telaga yang alami dan Telaga Remis mempunyai panorama yang indah. Dengan demikian, Telaga Remis mengalami pengembangan dalampenyediaan sarana dan prasarana, penyerapan tenaga kerja baik dalam sektor jasamaupun pemasaran,namun dalam jumlah peningkatan pengunjungkurang mengalami pengembangan, salah satuusaha yangdilakukan yaitu untuk menambah fasilitas kebersihan dengan ditambahkannya tempat sampah demi kenyamanan pengunjung saat berwisata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Suhardjo, M.Pd ; 2). Oot Hotimah, S.Pd, M.Si
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi Fisik
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2020 12:48
Last Modified: 06 Oct 2020 12:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11257

Actions (login required)

View Item View Item