AKTIVITAS BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA DEMOKRASI (Studi Deskriptif di Desa Setia Asih Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi)

SRI RIZKI AMELIA, . (2016) AKTIVITAS BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA DEMOKRASI (Studi Deskriptif di Desa Setia Asih Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam mengembangkan Budaya Demokrasi di Desa Setia Asih. Penelitian ini dilaksanakan selama empat bulan mulai Bulan Feberuari 2016 sampai Bulan Mei 2016.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif sumber data penelitian yang meliputi data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui validitas data dengan menggunakan teknik triangulasi melalui Expert Opinion, sedangkan analisis data dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu tahap pengumpulan data, reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.Berdasarkan hasil penelitian, dapat dideskripsikan bahwa aktivitas Badan Permusyawaratan Desa dalam Mengembangkan Budaya Demokrasi sudah berjalan dengan baik. Hal ini dilihat dari mulai pengembangan masyakat yaitu melalui kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh BPD dengan memberi ruang/peluang kepada masyarakat untuk memberikan partisipasi politiknya. Dan mengadakan penyuluhan/pendidikan bagi generasi baru. Sedangkan pada tahap partisipasi masyarakat dapat dikatakan positif dengan kegiatan yang dilakukan BPD menyuarakan aspirasi masyarakat desa dan memperjuangkan aspirasi serta kepentingan masyarakat. Komunikasiyang terjalin antara pemerintahan desa, BPD dan masyarakat dapat dikatakan harmonis dengan sikap saling percaya dan transpran dari pemerintahan desa sudah jauh lebih baik. Kesimpulanyang di dapat dari hasil penelitian ini adalah Badan Permusyawaratan Desa sebagai lembaga pemerintahan desa yang merupakan wakil dari rakyat/masyarakat desa sudah menjalankan fungsinya dengan baik dengan memberikan pelatihan serta kegiatan yang sifatnya terbuka dengan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. M. Japar, M.Si ; 2). Dwi Afrimetty.T,SH.,MH,
Subjects: Geografi, Antropologi > Budaya, Adat Istiadat
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 06 Oct 2020 12:59
Last Modified: 06 Oct 2020 12:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11258

Actions (login required)

View Item View Item