SOSIALISASI NILAI DAN NORMA SOSIAL PADA POLA ASUH ANAK PADA KELUARGA YANG BEKERJA(Studi: Tiga Keluarga di RT 002, RW 004 Perumahan Permata Cikarang, Kelurahan Jatireja, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi)

Sugihwan, . (2016) SOSIALISASI NILAI DAN NORMA SOSIAL PADA POLA ASUH ANAK PADA KELUARGA YANG BEKERJA(Studi: Tiga Keluarga di RT 002, RW 004 Perumahan Permata Cikarang, Kelurahan Jatireja, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Sugihwan-revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Seiring perkembangan zaman, orang tua memiliki kesibukan dalam pemenuhan kebutuhan ekonomi. Orang tua yang seharusnya berperan aktif dalam pendidikan, pengawasan serta pendampingan pada masa tumbuh kembang anak, kini tidak lagi berjalan secara efektif. Hal ini terjadi karena orang tua sibuk bekerja, sehingga mereka menyerahkan hak asuh anak kepada keluargaluas (extended family). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena sosialisasi nilai dan norma sosial pada pola asuh anak pada keluarga yang bekerjaditengah kesibukan orang tua dalam mencari nafkah.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metodologi deskriptifdata. Sumber data/ informasi diperoleh dari hasiltemuan dilapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga keluarga, yaitu keluarga bapak Yayan, bapak Marno, dan bapak Oman. Dari proses yang dilakukan peneliti inilah yang akan mendapatkan berbagai sudut pandang masyarakat mengenai implikasi nilai dan norma sosial pada anak. Selain itu, teknik validitas data menggunakan teknik triangulasi. Tahapan pertama mendapatkan informasi dari informan yang dijadikan narasumber, yaitu tiga keluarga di RT 002/ RW 004 pada Perumahan Permata Cikarang, Bekasi. Kemudian, peneliti akan mengklarifikasi ulang terkait kebenaran tentang pola sosialisasi keluarga yang dilakukan informan dengan informasi yang diberikan dengan mewawancarai masyarakat sekitar. Selanjutnya, peneliti mewawancarai orang tua asuh, yaitu nenek atau keluarga luas (extended family)yang memiliki peransebagai pengganti orang tua disaat sibuk bekerja.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kurangberperannya keluarga pada sosialisasi nilai dan norma sosial terhadap pola asuh anak di lingkungan keluarga. Hal ini dikarenakan beberapa hal. Pertama, pemenuhan kebutuhan sehari-hari yang kian meningkat membuat orang tua larut dalam kesibukan dunia kerja. Sehingga waktu yang terlalu singkat yang membuat orang tua terkadang menggunakannya tidak maksimal dalam memberikan pendidikan, pengawasan, dan pendampingan. Kedua, peralihan peran orang tua kepada pengasuhan nenek(keluarga luas/ extended family), dimana peran pengasuhan nenekdalam mendidik anak tidak selarasdengan orang tua. Sehingga terjadinya pergeseran nilai dan normasosialyang diterapkan terhadap anak

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rusfadia Saktiyanti Jahja, M.Si ; 2). Syaifudin, M.Kesos
Subjects: Ilmu Sosial > Wanita,Pernikahan dan Keluarga
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 06 Oct 2020 14:29
Last Modified: 06 Oct 2020 14:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11260

Actions (login required)

View Item View Item