HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN BELAJAR OLEH ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJARIPS SISWA DI SMP NEGERI 71 JAKARTA

Suratno Ariangga, . (2016) HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN BELAJAR OLEH ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJARIPS SISWA DI SMP NEGERI 71 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI SURATNO ARIANGGA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bimbinganbelajaroleh orang tua dengan prestasi belajarIPS siswa di SMP Negeri 71 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode ex post factodengan pendekatan korelasional. Untuk mengetahui bimbinganbelajaroleh orangtua, dilakukan penyebaran kuesioner kepada 40 siswa kelas IX yang dijadikan sampel penelitian.Sedangkan prestasi belajar IPS setiap siswakelas IXdiperoleh dari data sekolah yaitu nilai raport mata pelajaran IPS siswa kelas IX semester I tahun ajaran 2015/2016.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah pengambilan sampel secara acak dengan proporsi untuk setiap kelas (Proportional Random Sampling).Dalampenelitian ini memiliki persamaan regresi linear sederhana Ŷ=31,382+0,409X.Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dengan uji liliefors diperoleh Lhitung<Ltabelyaitu 0,1040< 0,1401ini menandakan bahwa data berdistribusi normal.Koefisien korelasi Product Momentdari Pearson menghasilkanr = 0,669. Selanjutnya dilakukanuji keberartian koefisien korelasi menggunakan uji-t diperoleh thitungsebesar 5,556sedangkan ttabelsebesar 1,686 sehinggathitung > ttabel., maka dapat diketahuibahwa terdapat hubungan yang signifikan antara bimbingan belajar olehorang tua dengan prestasi belajar IPS. Dengan perhitungan koefisien determinasi diperoleh sebesar 44,76% prestasi belajar IPS (Variabel Y) ditentukan oleh bimbingan belajar olehorang tua (Variabel X).Hasildari penelitian ini adalahterdapat hubungan positif dan signifikan antarabimbinganbelajaroleh orang tua dengan prestasi bealajar IPS siswa di SMP Negeri 71 Jakarta.Haltersebut berarti semakin tinggibimbingan belajar dilakukan orang tua, maka semakin tinggi juga prestasi belajar IPS yang dicapai siswa. Begitujuga sebaliknya, semakin rendahbimbingan belajar olehorang tua, maka semakin rendah juga prestasi belajar IPS yang dicapai siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eko Siswono, M.Si ; 2). Dr. Abdul Haris Fatgehipon, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 06 Oct 2020 15:51
Last Modified: 06 Oct 2020 15:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11265

Actions (login required)

View Item View Item