SURYACHANDRA JAYAATMAJA, . (2016) PEMIKIRAN PENDIDIKAN POLITIK MOHAMMAD HATTA: MEMBANGUN DEMOKRASI SOSIAL DAN KEDAULATAN RAKYAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SURYA CHANDRA JAYAATMAJA.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi ini mendeskripsikan pemikiran pendidikan politik Mohammad Hatta yang tersebar di dalam tulisan-tulisannyabaik dalam buku maupun majalah dan diberbagai kesempatan pidatonya. Dalam usaha mendeskripsikan pemikiran pendidikan politik tersebut dilakukan juga sebuah eksplorasi terhadap tindakan-tindakan atau praktek-praktek pendidikan yang telah dilakukan MohammadHatta. Studi sebelumnya lebih banyak membicarakan peran dan sejarah Mohammad Hatta dalam pergerakan nasional dan sumbangsihnya dalam kepemimpinan pasca kemerdekaan. Disisi lain terdapat juga beberapa studi yang membahas pemikiran ekonomi Mohammad Hatta secara kontekstual maupun dikaitkan dengan perspektif ekonomi islam. Studi-studi yang telah dilakukan tersebut menimbulkan kelemahan dalam ruang ilmiah, beberapa diantaranya adalah terlalu mensimplifikasikan pemikiran Mohammad Hatta sebagai seorang ekonom. Berdasarkan pemaparan tersebut, terlihat bahwa penelitian kepustakaan (library research) ini berusaha untuk mendalami dan mengkaji bagaimana pemikiran Mohammad Hatta tentang pendidikan politik. Untuk menunjang penelitian tersebut penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan studi kepustakaan yang dilakukan terhadap sumber primer dan sekunder. Kemudian metode analisis yang digunakan ialah deskripsi dan interpretasi. Dengan demikian penelitian ini diharapkan dapat memberi gambaran yang jelas mengenai pemikiran Mohammad Hatta tentang pendidikan politik.Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, diketahui bahwa konsepsi pendidikan politik Mohammad Hatta berangkat dari kesadaran politiknya tentang kolonialisme yang terkonstruksi melalui pengalaman sosial dan pengalaman intelektualnya. Lebih jauh konsepsi pendidikan politik Mohammad Hatta juga tidak bisa dilepaskan dari dasar pemikirannya tentang kedaulatan rakyatsebagai bentuk pemerintahan yang di idealkan olehnya.Dalam upaya mewujudkan cita-cita kedaulatan rakyat tersebut Hatta mengemukakan pentingnya pendidikan politik kepada rakyat dalam kehidupan berbangsa. Konsepsi pendidikan politik Hatta ini teraktualisasi dalam tiga aspek kehidupan rakyat, yaitu politik, ekonomi, dan sosial. Di aspek politik rakyat dididik untuk menjadi warga negara yang aktif dan bertanggung jawab. Di aspek ekonomi rakyat dididik melalui kooperasi dan pendidikan dagang untuk dapat bekerjasama dan mencintai sesama melalui kegiatan ekonomi yang kooperatifserta memberikan pemberdayaan kepada rakyat, terutama pedagang-pedagang kecil.Di aspek sosial Hatta menekankan pentingnya pembangunan sikap kepemimpinan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Rakhmat Hidayat,Ph.D ; 2). Syaifudin, M. Kesos |
Subjects: | Ilmu Sejarah > Biografi |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 06 Oct 2020 16:04 |
Last Modified: | 06 Oct 2020 16:04 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11266 |
Actions (login required)
View Item |