MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG AKTIVITAS EKONOMI DAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DI KELAS IV SDN RAWAMANGUN 09 PAGI PULOGADUNG JAKARTA TIMUR

Elvi Yusmika Sari, . (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG AKTIVITAS EKONOMI DAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DI KELAS IV SDN RAWAMANGUN 09 PAGI PULOGADUNG JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang aktivitas dan sumber daya alam melalui model pictue and picture di kelas IV SDN Rawamangun 09 Pagi, Pulogadung Jakarta Timur. Penelitian dilaksanakan di SDN Rawamangun 09 Pagi, yang berlokasi di Jalan Pemuda No.06 Kelurahan Rawamangun Kec. Pulogadung Jakarta Timur. Waktu penelitian dilaksanakan selama 1 bulan yaitu bulan Januari tahun 2016 pada semester 2tahun pelajaran 2015-2016. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart dengan 4 tahap setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan data yang diperoleh dari proses pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model picture and picture. Pada siklus I 55,17%, pada siklus II 89,65%, dengan demikian model picture and icture dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah model picture and picture dapat dijadika sebagai salah satu cara meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ajat Sudrajat, M.Pd ; 2). Dr. Fakhrurrozi, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 05 Nov 2019 11:52
Last Modified: 05 Nov 2019 11:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1127

Actions (login required)

View Item View Item